Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

5 Macam Rempah Paling Sehat Rekomendasi Ahli Gizi

Jumat 02 Dec 2022 23:32 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Ada beberapa rempah yang memiliki manfaat kesehatan dan baik dikonsumsi.

Ada beberapa rempah yang memiliki manfaat kesehatan dan baik dikonsumsi.

Foto: Flickr
Ada beberapa rempah yang memiliki manfaat kesehatan dan baik dikonsumsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rempah-rempah dikenal sebagai bumbu dapur yang bisa mendongkrak cita rasa makanan hingga minuman. Di samping aroma yang menggugah, beberapa rempah juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Menurut beberapa ahli gizi, ada lima macam rempah yang diketahui memiliki manfaat kesehatan dan baik untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah kelima rempah yang direkomendasikan tersebut, seperti dilansir Stylist, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga

 

Kunyit

Rempah berwarna kuning ini memiliki senyawa aktif bernama kurkumin. Menurut beberapa studi, kurkumin bisa membantu menurunkan nyeri sendi pada orang-orang dengan masalah osteoarthritis.

Studi berbeda pada 2020 menemukan bahwa kurkumin bisa memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Selain itu, kurkumin juga dapat membantu melawan peradangan di dalam tubuh.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan kunyit ke dalam masakan. Salah satunya adalah mencampurkan kunyit ke dalam kari atau saus pasta.

"Saya suka mencampurnya dengan rempah lain dan menaburkannya di atas ayam atau sayur sebelum memasaknya di dalam oven," ujar ahli gizi Arina Kuzmina.

 

Jahe

Ada senyawa bernama gingerol di dalam jahe. Senyawa ini memiliki sifat antiperadangan dan juga antioksidan yang kuat.

Berdasarkan studi, jahe dapat membantu melawan mual secara efektif, khususnya mual di pagi hari. Selain itu, jahe pun terbukti memiliki sifat antidiabetes yang bisa membantu penderita diabetes tipe 2 mengontrol kadar gula darah.

Jahe tak hanya bisa dinikmati dalam beragam makanan, tetapi juga minuman. Salah satu cara untuk membuat minuman dengan jahe adalah mencampurkan bubuk jahe dengan lemon, madu, dan air hangat.

 

Kayu Manis

Dengan aroma yang menggugah dan rasa yang manis, kayu manis kerap digunakan dalam berbagai resep makanan dan minuman. Kayu manis bahkan bisa dicampurkan dengan oat untuk membuat sajian overnight oat.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa kayu manis dapat memberikan beberapa manfaat bagi pencernaan dan sirkulasi darah. Studi berbeda juga menemukan bahwa konsumsi kayu manis setelah makan bisa menekan lonjakan kadar gula, sehingga tingkat energi yang diperoleh setelah makan pun lebih stabil.

"Suku kuno, seperti Maya, menjadikan kayu manis sebagai bagian dari masakan mereka dan meyakini bahwa rempah ini memiliki sifat menyembuhkan," jelas Kuzmina.

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, konsumsi kayu manis juga bisa membantu memelihara kesehatan mental. Menurut studi, konsumsi kayu manis dapat mencegah terjadinya mood swing atau perubahan suasana hati dan sikap mudah marah.

 

Bawang Putih

Selain dapat membuat beragam makanan terasa lebih nikmat, konsumsi bawang putih juga dapat membantu memelihara sistem imun. Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi suplemen bawang putih dapat membuat orang-orang lebih jarang terkena pilek dan mempersingkat masa infeksi.

Studi berbeda menemukan bahwa suplemen bawang putih dapat memberikan manfaat bagi individu dengan masalah hipertensi. Pada kelompok ini, konsumsi suplemen bawang putih dapat menurunkan tekanan darah.

 

Cabai Cayenne

Menurut Kuzmina, cabai cayenne merupakan salah satu rempah terpedas. Kabar baiknya, manfaat kesehatan dari cabai cayenne bisa didapatkan tanpa harus mengonsumsi rempah tersebut dalam jumlah yang besar.

"Dan bahkan seperempat sendok teh sudah cukup (untuk memberikan manfaat)," lanjut Kuzmina.

Karena tinggi akan antioksidan, konsumsi cabai cayenne bisa melindungi sel dari kerusakan. Kandungan capsaicin dalam cabai cayenne juga terbukti dapat menurunkan peradangan di dalam tubuh.

Selain ditambahkan pada makanan, bubuk cabai cayenne juga bisa dibuat menjadi minuman. Salah satu cara membuat minuman dengan cabai cayenne adalah dengan menambahkan seperlima sendok teh bubuk cabai cayenne ke dalam air lemon hangat. Minuman ini, lanjut Kuzmina, bisa membantu meningkatkan metabolisme dan sistem pencernaan di pagi hari.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA