Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Enam Makanan yang Bisa Meningkatkan Fungsi Otak

Ahad 27 Nov 2022 14:12 WIB

Rep: Haura Hafizah/ Red: Muhammad Hafil

Enam Makanan yang Bisa Meningkatkan Fungsi Otak. Foto:   Sel otak (ilustrasi).

Enam Makanan yang Bisa Meningkatkan Fungsi Otak. Foto: Sel otak (ilustrasi).

Foto: Freepik
Fungsi otak bisa ditingkatkan dengan enam makanan ini.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Beberapa lemak yang Anda konsumsi, terutama asam lemak omega 3 dan asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang disebut sebagai lemak esensial. Karena Anda tidak dapat memproduksinya sendiri, Anda harus memasukkannya ke dalam makanan. Sebab, kandungan tersebut sangat penting untuk otak.

Dilansir dari ndtv pada Ahad (27/11/2022), ada berbagai cara asam omega 3 yang meningkatkan kesehatan otak. Studi menunjukkan omega 3 dapat membantu melawan gangguan suasana hati seperti depresi dan kecemasan. Mereka juga meningkatkan kesehatan otak selama kehamilan dan masa kanak-kanak.

Baca Juga

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menambahkan omega 3 yang melimpah ke dalam makanan Anda. Berikut enam makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak yaitu :

1. Biji Rami

Asam alfa-linolenat dan asam lemak omega 3 ditemukan dalam konsentrasi tertinggi dalam makanan utuh dalam biji rami. Minyak biji rami sering digunakan sebagai suplemen makanan omega 3. Sumber serat, magnesium dan mineral lainnya yang baik adalah biji rami. Dibandingkan dengan kebanyakan biji tanaman berminyak lainnya, bijinya memiliki rasio omega 6 dan omega 3 yang bagus.

2. Kedelai

Serat dan protein nabati sama-sama terdapat pada kedelai dalam jumlah yang baik. Nutrisi lain termasuk riboflavin, folat, vitamin K, magnesium dan potasium juga berlimpah di dalamnya.

3. Salmon

Salah satu makanan dengan nutrisi terbesar per porsi adalah salmon. Ini memiliki banyak asam lemak omega 3, vitamin D, selenium dan vitamin B serta protein berkualitas tinggi dan nutrisi lainnya. Menurut penelitian, orang yang mengkonsumsi ikan berlemak secara teratur, seperti salmon, lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit seperti penyakit jantung, demensia dan depresi seiring dengan peningkatan fungsi otak.

4. Kenari

Kenari sangat sehat dan penuh serat. Seiring dengan komponen tumbuhan yang signifikan, mereka juga mengandung kadar tembaga, mangan dan vitamin E yang signifikan.

5. Telur

Selain memiliki berbagai vitamin, mineral, dan asam lemak omega 3, telur mengandung protein yang sangat tinggi. Selenium, vitamin B6, B12, seng, besi, tembaga dan mineral semuanya berlimpah dalam putih telur. Lebih banyak lemak dan kalori ditemukan dalam kuning telur.

6. Biji Chia

Biji chia adalah pembangkit tenaga bergizi yang juga sangat mudah dicerna. Di antara sumber utama asam lemak omega 3 adalah biji chia. Ini juga termasuk serat, kalsium, zat besi dan antioksidan selain omega 3. Biji chia mengandung protein tinggi, membantu penurunan berat badan dan mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Sumber :

https://www.ndtv.com/health/omega-3-can-boost-your-brain-function-here-are-some-food-sources-3533846/amp/1

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA