Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Ingin Jadi CEO Muda? Harus Pilih Tiga Jurusan Kuliah Ini

Kamis 24 Nov 2022 18:34 WIB

Red: Christiyaningsih

Menjadi CEO juga harus berpengalaman, pintar dan cerdas dalam menangkap peluang.

Menjadi CEO juga harus berpengalaman, pintar dan cerdas dalam menangkap peluang.

Foto: UNM
Menjadi CEO juga harus berpengalaman, pintar dan cerdas dalam menangkap peluang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — CEO (Chief Executive Officer) merupakan jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan. Di tangan CEO, arah perkembangan perusahaan ditentukan. Dalam wewenang dan tanggung jawabnyalah perusahaan ini akan terus hidup dan berekspansi. Maka untuk menjadi seorang CEO dibutuhkan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan dalam berstrategi juga memimpin.

Keberhasilan CEO tidak hanya dilihat dari kesiapannya dalam memimpin dan mengelola sumber daya manusia (SDM) dan perangkat perusahaan yang ada. Namun dilihat juga dari keberhasilan finansial, baik itu bicara profit ataupun alokasi budget perusahaan yang akan selalu berhubungan dengan investor perusahaan. Dalam hal ini, CEO akan mempertanggungjawabkannya di hadapan investor.

Baca Juga

Tertantang bukan untuk menjadi CEO di usia muda? Oleh sebab itu, perlu persiapan yang cukup banyak agar bekal menjadi CEO muda dapat terwujud. Berikut tiga jurusan kuliah yang dapat mendukung cita-cita menjadi CEO di usia muda:

Master of Business Administration

Jurusan Master of Business Administration (MBA) dianggap paling kompatibel untuk menjadi seorang CEO. Dengan masuk ke jurusan MBA mahasiswa akan banyak belajar tentang menajemen bisnis.

Mahasiswa MBA akan belajar tentang pengelolaan, perencanaan, dan pengembangan bisnis perusahaan. Beberapa universitas yang menyediakan jurusan MBA di antaranya Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, dan Universitas Airlangga.

Manajemen

Manajemen dikenal paling banyak memiliki peminat, sebab jurusan manajemen punya cakupan pengetahuan lebih luas. Program studi ini tidak pernah sepi peminat dari berbagai generasi.

Generasi muda lebih suka memilih jurusan manajemen jika dihadapkan pada sebuah pilihan karena dengan memilih jurusan manajemen mereka akan lebih paham tentang berbagai aspek kehidupan mulai dari mengatur, mengelola, menyiapkan dan mengkoordinir berbagai hal sebagai upaya mempertahankan dan mengembangkan perusahaan. Beberapa universitas yang menyediakan jurusan manajemen diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Nusa Mandiri, Universitas BSI, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Padjadjaran.

Teknik Informatika

Jadi seorang CEO tidak melulu harus menguasai tentang manajerial, jurusan Teknik Informatika ternyata juga punya peluang untuk menjadi CEO. Lulusan Teknik Informatika memang dikenal lebih fokus pada ilmu praktis. Namun justru mereka lebih cocok untuk terjun dalam membangun startup berbasis teknologi di era digital saat ini.

Pengetahuan luas tentang teknologi justru membuka peluang dan kesempatan yang besar bagi jurusan Teknik Informatika untuk menjadi seorang CEO. Selain pengetahuan manajerial, seorang CEO juga harus ahli dan terampil di bidang teknologi digital dan ini yang paling relevan saat ini. Universitas yang menyediakan jurusan Teknik Informatika di antaranya Institut Teknologi Bandung, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), dan Universitas Telkom.

Itulah tiga jurusan kuliah yang dapat membantu kamu mengejar cita-cita menjadi CEO muda. Muhammad Abdul Ghani selaku CEO MTryout membenarkan bahwa untuk menjadi seorang CEO harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, karena itu dalam hal memilih jurusan usahakan sesuai dengan cita-cita yang hendak dikejar.

“Rekomendasi tiga jurusan kuliah di atas bisa jadi pertimbangan kamu dalam mengejar cita-cita menjadi seorang CEO muda yang sukses. Akan tetapi, bukan hanya jurusan kuliah yang tepat saja yang dibutuhkan, menjadi CEO juga harus berpengalaman, pintar dan cerdas dalam menangkap peluang,” tegasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA