Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Seaman: Ronaldo Bisa Jadi Tambahan Sempurna untuk Arsenal

Kamis 24 Nov 2022 18:25 WIB

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

 Cristiano Ronaldo dari Portugal menghadiri sesi latihan menjelang pertandingan sepak bola grup H Piala Dunia FIFA 2022 melawan Ghana, di Al-Shahaniya SC Training Center, dekat Doha, Qatar, 23 November 2022.

Cristiano Ronaldo dari Portugal menghadiri sesi latihan menjelang pertandingan sepak bola grup H Piala Dunia FIFA 2022 melawan Ghana, di Al-Shahaniya SC Training Center, dekat Doha, Qatar, 23 November 2022.

Foto: EPA-EFE/JOSE SENA GOULAO
Kehadiran Ronaldo dapat menjadi tambahan sempurna buat skuad Arsenal.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan penjaga gawang Arsenal, David Seaman, menyarankan, manajamen bekas klubnya itu untuk berusaha mendatangkan Cristiano Ronaldo pada Januari mendatang.

Menurutnya, kehadiran Ronaldo dapat menjadi tambahan sempurna buat skuad The Gunners saat ini. Penjaga gawang utama Arsenal pada rentang waktu 1990 hingga 2003 itu pun menilai, meski telah berusia 37 tahun, Ronaldo masih bisa bersaing di level tertinggi.

Pengoleksi lima gelar Ballon d'Or itu dianggap masih bisa memberikan kontribusi dalam usaha berburu kemenangan. ''Ronaldo masih jauh dari selesai, dan dia dapat menjadi tambahan yang sempurna buat Arsenal.”

“Saya harus memuji, karena dia berani mengungkapkan fakta. Banyak hal yang diungkapkannya, tidak pernah kita dengar sebelumnya,'' kata Seaman kepada TalkTV, Kamis (24/11).

Mantan penjaga gawang Timnas Inggris itu merujuk pada wawancara Ronaldo dengan Piers Morgan. Dalam wawancara tersebut, mantan bintang Real Madrid dan Juventus itu membeberkan kekecewaannya terhadap para petinggi United dan pelatih Erik ten Hag.

Tidak hanya itu, Ronaldo juga mengkritik soal mandeknya perkembangan United sebagai sebuah klub besar, terutama dari segi fasilitas latihan. Kondisi ini yang dianggap menjadi alasan terbesar kegagalan Setan Merah untuk kembali bersaing dalam perebutan trofi bergengi sejak ditinggal Sir Alex Ferguson.

Wawancara kontroversial ini berujung pada pemutusan kontrak Ronaldo bersama Setan Merah. Kedua belah pihak sepakat untuk tidak melanjutkan ikatan kerja terhitung pada bulan ini, meski Ronaldo masih memiliki sisa kontrak hingga pertengahan tahun depan.

Seaman mengaku terkejut saat pertama kali mendengar Ronaldo membeberkan kondisi di United tersebut. Seaman pun bisa memahami kekecewaan bintang Timnas Portugal itu saat kembali memperkuat United pada 2021 silam.

''Pernyataan itu cukup mengejutkan dan seharusnya tidak boleh terjadi. Dia telah berkeliling di klub-klub besar dan melihat perkembangannya. Namun, saat kembali ke United, yang dicintainya, dia malah melihat tidak ada perubahan,'' kata Seaman.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA