Jumat 18 Nov 2022 14:54 WIB

BISA MIPA Goes to School Ciptakan Suasana Belajar Jadi Seru dan Menyenangkan

Belajar matematika dan IPA bisa dilakukan dengan permainan yang menyenangkan

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali mengadakan program Bisa MIPA Goes to School.
Foto: KPM
Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali mengadakan program Bisa MIPA Goes to School.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA − Sampai saat ini sebagian besar anak-anak menganggap matematika dan sains menjadi pelajaran yang sulit untuk dipahami. Salah satu penyebabnya karena ketertarikan siswa yang kurang terhadap materi kedua mata pelajaran ini.

Padahal, matematika dan sains merupakan mata pelajaran yang memiliki potensi untuk mengasah keterampilan berpikir, berkomunikasi, dan berkolaborasi para siswa. Berangkat dari keresahan yang dialami para siswa, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali mengadakan program Bisa MIPA Goes to School, sebuah konsep pembelajaran Matematika dan Sains yang disajikan dalam bentuk simulasi nyata (real-life experiences). 

Baca Juga

Manajer Pelatihan KPM Pusat Muhamad Ihsan mengungkapkan hadirnya BISA MIPA Goes to School bisa menjadi solusi agar para siswa dapat menghilangkan persepsi negatif dan membangun persepsi positif terhadap pelajaran matematika dan sains. “Dengan hadirnya BISA MIPA di sekolah-sekolah nantinya para siswa dapat menikmati pembelajaran matematika dan sains dengan cara yang sangat menarik, seru, dan menyenangkan,” ujar Ihsan.

Dalam kegiatan BISA MIPA Goes to School pada Rabu (16/11/2022), ratusan siswa Sekolah Dasar Islam Al Azhar 20 Cibubur berkesempatan untuk belajar bersama dengan para pelatih dari tim Klinik Pendidikan MIPA. Pada kegiatan ini, para siswa diajak belajar dengan mengamati fenomena sederhana di lingkungan sekitar melalui Praktikum Sains, Permainan Logic, Permainan Matematika Bela Negara, hingga Permainan Tic Tac Toe 9. 

Selama acara berlangsung, terlihat para siswa sangat antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dari awal hingga akhir. Salah seorang siswa, Maylaffayza Putrigava Celine, mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan BISA MIPA.

“Saya sangat senang sekali bisa mengikuti kegiatan ini karena pembelajarannya menarik dan permainannya seru-seru. Dari Praktikum Sains, saya jadi banyak belajar membuat percobaan gunung meletus. Kalau ada kegiatan seperti ini, saya ingin mengikutinya lagi,” ucap Celine.

Tak hanya Celine, Muhammad Rahsya Akbar turut merasakan kesenangan yang sama. Dengan hadirnya BISA MIPA, Rahsya mengaku akhirnya bisa merasakan belajar matematika dan IPA dengan permainan dan praktikum yang sangat menyenangkan.

Setelah kegiatan BISA MIPA sukses dilaksanakan, Neni Safriadini selaku koordinator acara BISA MIPA SDI Al Azhar 20 Cibubur mengungkapkan rasa bahagianya. Karena setelah menyimak rangkaian kegiatan yang berlangsung, terlihat anak-anak sangat bersemangat selama proses pembelajaran.

“Motivasi kami mengundang KPM memang karena ingin membuat anak-anak menjadi lebih menyukai pelajaran matematika dan sains. Terlebih, praktik yang diterapkan dalam BISA MIPA ini menjadi pengalaman baru bagi anak-anak,” ungkap Neni.

Tertarik ingin belajar Matematika dan IPA dengan cara seru dan menyenangkan? Yuk ikuti program BISA MIPA Goes to School! Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungii 0812.8188.2562.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement