Kamis 10 Nov 2022 21:45 WIB

Migrasi TV Digital Bisa Perluas Akses Internet

TV analog di Indonesia menghabiskan seluruh alokasi pada spektrum frekuensi 700MHz.

Pedagang menjelaskan pemakaian perangkat set top box TV Digital di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Jumat (4/11/2022). Penjualan
Foto: ANTARA/Muhammad Arif Pribadi
Pedagang menjelaskan pemakaian perangkat set top box TV Digital di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Jumat (4/11/2022). Penjualan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika menilai analog switch off (ASO) dan migrasi ke siaran televisi terestrial digital diperlukan untuk memperluas akses internet di Indonesia.

"Saudara-saudara kita di perbatasan susah sinyal, sisa frekuensi akan dialihkan untuk memperluas akses internet," kata Staf Ahli Menteri Kominfo Rosarita Niken Widiastuti, saat webinar "Sosialisasi ASO dan Seremoni Penyerahan Bantuan STB Kominfo bersama Komisi I DPR RI Jawa Tengah", Senin (7/11/2022).

Baca Juga

Indonesia masuk era siaran digital tahun 2022. Hal ini ditandai dengan migrasi dari analog ke digital di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi pada 2 November.

ASO sebenarnya bukan semata peralihan teknologi siaran televisi terestrial, namun, juga bagian dari penataan spektrum frekuensi, sumber daya alam terbatas yang sangat diperlukan oleh dunia telekomunikasi.

Menurut data Kementerian Kominfo, Indonesia memiliki 697 stasiun televisi. Sebelum ASO berlangsung, tiap-tiap stasiun televisi membutuhkan satu frekuensi untuk siaran televisi.

Siaran televisi analog di Indonesia menghabiskan seluruh alokasi pada spektrum frekuensi 700MHz. Siaran digital, ketika sudah migrasi sepenuhnya, diyakini menjadikan penggunaan spektrum lebih efisien. Sebab, satu frekuensi bisa digunakan oleh enam sampai 12 kanal.

Efisiensi itu akan memberikan penghematan pada spektrum frekuensi, yang disebut dividen digital. Pemerintah berencana menggunakan digital dividen hasil ASO untuk perluasan akses internet 4G karena frekuensi 700MHz memiliki jangkauan yang luas. Dividen digital juga bisa digunakan untuk memperluas jangkauan 5G.

 

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement