Rabu 09 Nov 2022 00:24 WIB

Tinjau Kantor Bappelitbang yang Terbakar, Ridwan Kamil: Saya Banyak Ikatan

Sampai saat ini polisi masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran Bappelitbang

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Gita Amanda
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi Kantor Bappelitbang Kota Bandung yang terbakar di Jalan Aceh, Selasa (8/11/2022).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi Kantor Bappelitbang Kota Bandung yang terbakar di Jalan Aceh, Selasa (8/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meninjau lokasi Kantor Bappelitbang Kota Bandung yang terbakar Selasa (8/11/2022). Ia didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna, Kepala Diskominfo Yayan Brilyana dan Kepala Diskar PB Kota Bandung Gun Gun Sumaryana.

Pria yang akrab disapa RK menyempatkan diri meninjau ke dalam area kantor Kesbangpol serta meninjau dari luar kantor Bappelitbang yang terbakar. Sejumlah arahan diberikan kepada para pimpinan Kota Bandung.

Baca Juga

"Pertama atas nama pribadi dan pemerintah provinsi Jabar saya menyampaikan keprihatinan terlalu banyak attachment dalam diri saya. Satu ini ibu kota dekat dengan keseharian saya di Gedung Sate, kedua mantan wali kota yang dulu membidani perpindahan Bappelitbang, Planning Gallery, Taman Sejarah sehingga sangat prihatin," ujarnya usai meninjau lokasi kebakaran kepada wartawan, Selasa.

Ia sendiri belum dapat menyimpulkan penyebab kebakaran terlebih saat ini polisi masih melakukan penyelidikan. Terkait video viral tentang orang yang diduga pelaku, Ridwan Kamil mengimbau agar tidak main hakim sendiri.

"Berikutnya belum bisa menyimpulkan karena polisi masih melakukan penyelidikan, yang viral-viral belum tentu. Jangan dulu dihakimi bisa saja oleh hal-hal yang sifatnya teknis penyebabnya nanti ada waktunya," katanya.

Ia melanjutkan peristiwa kebakaran tersebut menjadi momentum Pemkot Bandung untuk mengecek kembali alat-alat kebakaran serta tingkat keamanan di ruangan. Tidak hanya itu, pelayanan publik tidak boleh terhenti dan pegawai dapat memaksimalkan Work From Home.

"Saya kira Bappeda bisa yah (WFH) ranahnya ke dalam tidak ada layanan keluar," katanya.

Ia mendoakan agar seluruh ASN maupun pimpinan Kota Bandung tetap semangat pascakebakaran yang terjadi. "Doa saya kepada pak wali, sekda dan seluruh ASN tetap semangat tabah menghadap ujian ini," katanya.

Ridwan Kamil pun mengarahkan agar aktivitas ASN dapat dipindah ke tempat lain. Ia pun mempersilahkan jika ingin memanfaatkan aset Pemprov Jabar yang  berada di Kota Bandung.

"Bisa gunakan aset pemkot jika ada atau aset pemprov di Kota Bandung ada beberapa  pun bisa dimanfaatkan silakan saja yang penting pelayanan publik tidak terganggu," katanya.

Sebelumnya, kebakaran di kantor Bappelitbang Kota Bandung di kawasan Balai Kota Bandung berhasil dipadamkan oleh petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB), Senin (7/11/2022). Petugas saat ini tengah melakukan pendinginan.

Kebakaran diperkirakan mulai terjadi pukul 10.30 Wib dan berhasil dipadamkan serta dilakukan pendinginan hingga pukul 12.00 Wib. Tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement