Senin 07 Nov 2022 07:08 WIB

Cara Mengawali Karier Balap Mobil Dari Nol

Banyak pecinta otomotif yang terjun menjadi pembalap.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
HPM menggelar Honda One Make Race di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Ahad (6/11).
Foto: Republika/Eric
HPM menggelar Honda One Make Race di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Ahad (6/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dunia motorsports merupakan salah satu dunia yang cukup digemari oleh para pecinta otomotif. Hal itu terlihat dari banyaknya pecinta otomitif yang tertarik untuk menonton balapan atau bahkan terjun jadi pembalap.

Communication Strategy Senior Manager PT Honda Prospect Motor, Adhi Parama Sugarda mengatakan, bagi masyarakat yang ingin terjun jadi pembalap, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, bahkan oleh masyarakat yang belum memiliki mobil.

Baca Juga

"Bagi yang belum memiliki mobil, ketertarikan untuk jadi pembalap bisa diwujudkan lewat mengikuti kompetisi gim balap," kata Adhi Parama Sugarda kepada Republika.co.id saat dijumpai di sela Honda One Make Race yang digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Ahad (6/11/2022).

Dengan mengikuti gim balap, maka pecinta motorsports secara tidak langsung telah membekali diri dengan beragam hal mendasar dari balap. Beberapa hal mendasar yang bisa dipelajari lewat gim diantaranya adalah soal racing line dan karakter sirkuit.

Setelah itu, pecinta balap bisa melanjutkan tahapan dengan mengikuti kompetisi gim menggunakan simulator. Dengan menjadi simulator racer (simracer), maka pecinta balap bisa menerapkan pengetahuan soal racing line dan karakter sirkuit menggunakan sarana yang lebih menyerupai dengan sistem pengendalian pada mobil sungguhan.

"Setelah itu, seluruh ilmu itu bisa jadi bekal yang pas untuk mulai balap menggunakan mobil sungguhan," ujarnya.

Untuk mengakomodasi tahapan yang beragam itu, Honda pun telah menggelar sejumlah kompetisi balap mulai dari lewat gim smartphone, balap simulator, slalom hingga balap di Sirkuit Sentul.

Honda One Make Race kali ini sendiri digelar lewat Honda Brio Speed Challenge (HBSC) dan Honda City Hatchback RS Speed Challenge (HCHRSC). Gelar juara dalam HCHRSC sendiri diraih oleh Pradana Adi Wilianto, Hendra Bonank dan M. Ferrel Fadhil. Sedangkan juara dalam HBSC diraih oleh Junus Danuatmodjo, Samuel DO dan Irfan Fauzie.

Business Innovation and Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengatakan, HCHRSC kali ini merupakan ajang yang baru digelar untuk pertama kalinya.

"Balapan ini berhasil menyerap minat yang cukup tinggi karena diikuti oleh 24 orang pembalap. Kami bangga musim pertama ajang balap HCHRSC ini disambut dengan antusias dari para peserta dan berhasil menunjukkan performa yang sangat baik sejak awal hingga akhir kejuaraan dimana persaingan terlihat sangat kompetitif sepanjang musim ini," kata Billy.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement