Ahad 06 Nov 2022 19:07 WIB

Klopp: Menghadapi Spurs Layaknya Lakoni Partai Liga Champions

Spurs yang dilatih Conte memang punya pola permainan yang rapi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manajer Liverpool Jurgen Klopp.
Foto: Peter Byrne/PA via AP
Manajer Liverpool Jurgen Klopp.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liverpool bakal melawat ke markas Tottenham Hostspur pada pekan ke-16 Liga Primer Inggris, Ahad (6/11/2022) dini hari WIB. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, pun menganggap laga ini layaknya partai Liga Champions di pentas Liga Primer Inggris. 

Pelatih asal Jerman itu merujuk pada tingkat kesulitan dan tantangan besar yang mesti dihadapi anak-anak asuhnya dalam menghadapi The Lilywhites. Tim besutan Antonio Conte itu, ujar Klopp, mampu tampil di level dan intensitas permainan yang cukup tinggi. Belum lagi dengan kegigihan para penggawa The Lilywhites dalam duel-duel perebutan bola. 

Baca Juga

''Jadi, seperti yang sudah kami perkirakan, laga ini akan menjadi laga yang berat buat kami. Laga ini seperti layaknya partai Liga Champions yang digelar di Liga Primer Inggris. Dengan cara itu pula, kami melakukan pendekatan di laga tersebut,'' ujar Klopp seperti dikutip laman resmi klub, Ahad (6/11/2022). 

Secara khusus, pelatih berusia 55 tahun itu menilai, serangan balik cepat menjadi kekuatan utama Spurs dibawah kendali Conte. Kemampuan ini pun ditambah dengan kondisi kepercayaan diri para penggawa The Lilywhites, yang tengah berada di level tertinggi. 

Kondisi ini tidak terlepas dari keberhasilan Harry Kane dan kawan-kawan menutup laga dengan kemenangan usai sempat tertinggal lebih dulu. Sempat tertinggal dua gol kala menghadapi Bournemouth, akhir pekan lalu, Spurs bisa mengakhiri laga dengan kemenangan, 3-2. 

Pun saat bentrok dengan Marseille di laga pamungkas penyisihan grup Liga Champions, tengah pekan ini. Menutup babak pertama dengan kondisi tertinggal satu gol, Spurs akhirnya bisa membalika keadaan dan memetik kemnangan, 2-1. 

''Saya rasa, mereka tengah berada dalam kondisi yang bagus. Jadi, kami harus bersiap menghadapi tim yang tengah percaya dan sangat kuat dari kualitas permainan,'' kata Klopp. 

Di sisi lain, Liverpool datang ke Spurs dengan sejumlah catatan, terutama soal inkonsistensi performa. Tampil apik di Liga Champions dan mampu meraih lima kemenangan beruntun, termasuk saat mengalahkan Napoli, 2-0, tengah pekan ini, The Reds justru babak belur di pentas Liga Primer Inggris. 

Tidak tanggung-tanggung, The Reds harus rela menelan pil pahit kekalahan di dua laga terakhir, tepatnya saat dibekap Nottinham Forest, 0-1, dan Leeds United, 1-2, akhir pekan lalu. Klopp pun sadar sorotan tersebut. Eks pelatih Borussia Dortmund itu juga menilai, salah satu penyebab utama inkonsistensi performa ini terletak pada ketersediaan pemain.

The Reds seolah tidak pernah lepas dari problem cedera pemain. Sejumlah penggawa utama The Reds sempat bolak-balik ruang perawatan. 

''Saat ini alasan paling utama adalah ketersediaan peamin. Siapa yang masih bisa tampil, berapa laga pemain itu bisa merumput. Itu salah satu alasan dari inkonsistensi performa kami,'' kata Klopp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement