Sabtu 05 Nov 2022 05:04 WIB

5 Cara Bikin Makanan Sehat Terasa Enak

Banyak orang percaya makanan sehat akan selalu hambar.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Perempuan memasak di dapur (Ilustrasi)
Foto: SheKnows
Perempuan memasak di dapur (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang terus berjuang untuk membuat makanan lezat dan sehat yang juga bermanfaat untuk tubuh Anda. Membuat makanan sehat yang menarik untuk dimakan merupakan tantangan bagi banyak orang di rumah.

 

Baca Juga

Dilansir dari hindustantimes Jumat (4/11/2022), banyak orang secara keliru percaya bahwa hanya junk food rasanya enak. Sementara banyak orang percaya makanan sehat akan selalu hambar, tidak menggugah selera.

 

Berikut lima cara untuk membuat makanan sehat terasa enak yaitu :

 

Tambahkan Bumbu

 

Anda tidak harus makan makanan biasa yang membosankan jika tujuan Anda adalah makan lebih sehat. Anda dapat menambahkan rempah-rempah dan bumbu ke makanan Anda. Anda bisa menambahkan bawang putih, garam, rempah segar, garam, merica dan sebagainya.

 

Tambahkan Saus Rendah Kalori

 

Saat ini, ada banyak saus atau alternatif rendah kalori di toko. Dibandingkan menggunakan saus barbeque biasa, Anda dapat memilih saus barbeque bebas gula yang akan jauh lebih rendah kalori. Selain itu, ada banyak bumbu rendah kalori yang bisa membuat makanan Anda terasa lebih enak.

 

Panggang Sayuran

 

Jika Anda bosan dengan sayuran biasa dan kukus, cobalah memanggang sayuran Anda. Memangang sayuran dapat membantu rasa. Jika Anda memiliki air fryer  Anda bisa mencoba beberapa sayuran dengan sedikit minyak zaitun dan garam untuk membuat sayuran yang lezat. Menambahkan beberapa bawang bombay, bawang putih dan herbal dapat membantu mengeluarkan banyak rasa.

 

Gunakan Beberapa Sumber Lemak

 

Sumber lemak lebih tinggi kalori tapi tidak apa-apa karena sedikit saja sudah cukup. Menambahkan sedikit minyak zaitun, selai kacang, alpukat, biji-bijian atau kacang-kacangan bisa membuat hidangan terasa lebih enak. Cobalah mengonsumsi sedikit lemak sehat setiap kali makan dan perhatikan diri Anda benar-benar menikmati apa yang Anda makan.

 

Gunakan Jeruk

 

Menambahkan beberapa jeruk ke makanan Anda dapat membantu membuatnya lebih beraroma. Misalnya, jika Anda makan makanan yang mengandung ikan, peras lemon ke ikannya. Jika Anda sedang makan salad, Anda bisa mencoba menambahkan sedikit perasan jeruk nipis untuk membantu mengeluarkan rasa. Jika Anda ingin menumis, coba tambahkan sedikit kulit jeruk ke dalamnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement