Rabu 02 Nov 2022 21:31 WIB

7 Makanan untuk Memelihara Kesehatan Jantung

Salah satu nutrisi terpenting untuk menjaga kesehatan jantung Anda adalah magnesium.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Karta Raharja Ucu
Tujuh langkah jaga kesehatan jantung.
Foto: Republika
Tujuh langkah jaga kesehatan jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan-makanan yang kaya nutrisi penting tidak hanya bermanfaat bagi jantung, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk mencegah penyakit, tekanan darah tinggi, atau kolesterol yang dapat mengganggu kesehatan Anda secara keseluruhan.

Dilansir dari health shots pada Jumat (28/10/2022), salah satu nutrisi terpenting untuk menjaga kesehatan jantung Anda adalah magnesium. Ini adalah mineral penting yang sering disebut sebagai mineral utama karena keterlibatannya dalam lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh Anda.

Baca Juga

Berikut tujuh makanan untuk memelihara kesehatan jantung:

1. Cokelat Hitam

Cokelat gelap yang kaya akan beberapa nutrisi termasuk magnesium. Ini juga tinggi zat besi, tembaga dan mangan sesuai penelitian yang diterbitkan di Nutrients. Ini juga bermanfaat untuk jantung Anda karena mengandung flavanol. Menurut penelitian di Frontiers in Immunology, flavanol adalah antioksidan kuat yang menjaga kadar kolesterol LDL (jahat), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Kacang

Sehat dan bergizi, kacang-kacangan bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet jantung sehat Anda. Karena sifat anti-inflamasinya, kacang bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga membantu meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol. Jadi, ambil segenggam kacang ini untuk menjaga jantung Anda tetap aman dan sehat.

3. Biji

Biji chia, rami dan labu adalah beberapa sumber magnesium terbaik dalam diet Anda. Sesuai data dari National Institutes of Health, biji-bijian juga tinggi zat besi, lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak omega 3.

4. Ikan Berlemak

Salmon, mackerel dan halibut adalah beberapa sumber magnesium terbaik yang dapat Anda tambahkan ke dalam diet Anda. Ikan berlemak mengandung asam lemak omega 3 paling banyak, yang luar biasa untuk kesehatan jantung Anda.

5. Pisang

Murah dan mudah didapat, pisang dikenal sebagai sumber potasium yang baik. Tahukah Anda bahwa kalium juga mengurangi risiko penyakit jantung? sebagai sumber magnesium dan potasium yang baik, pisang bisa menjadi tambahan yang baik untuk diet Anda jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung Anda.

6. Sayuran

Sarat dengan magnesium, sayuran berdaun hijau pasti harus menjadi bagian dari diet Anda. Kale, sawi, lobak, sawindan bayam adalah beberapa sumber magnesium terbaik yang bisa Anda konsumsi.

7. Biji-Bijian Utuh

Tidak hanya mengandung magnesium, biji-bijian utuh juga mengandung serat makanan, yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Ini meningkatkan kadar kolesterol darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung, stroke dan banyak penyakit lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement