Kamis 27 Oct 2022 21:14 WIB

Pemred Republika Harap Acara Anugerah Cinta Indonesia 2022 Bermanfaat Bagi Bangsa

Pemenang ACI 2022 menjadi contoh implementasi serapan TKDN.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Muhammad Hafil
 Pemred <em>Republika</em> Harap Acara Anugerah Cinta Indonesia 2022 Bermanfaat Bagi Bangsa. Foto ilustrasi: Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi memberikan sambutan dalam acara Anugerah CSR 2022 Republika.co.id di Jakarta, Selasa (27/9/2022). Anugerah CSR 2022 Republika.co.id ini merupakan rangkaian acara HUT-27 Republika.co.id. Republika/Prayogi
Foto: Republika/Prayogi
Pemred Republika Harap Acara Anugerah Cinta Indonesia 2022 Bermanfaat Bagi Bangsa. Foto ilustrasi: Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi memberikan sambutan dalam acara Anugerah CSR 2022 Republika.co.id di Jakarta, Selasa (27/9/2022). Anugerah CSR 2022 Republika.co.id ini merupakan rangkaian acara HUT-27 Republika.co.id. Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Republika menggelar acara Anugerah Cinta Indonesia (ACI) 2022 yang dilaksanakan di Hotel Four Seasons, Jakarta Selatan pada Kamis (27/10/2022). Acara tersebut dihadiri sejumlah pejabat, seperti Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury dan Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto.

ACI diselenggarakan seiring berjalannya upaya pemerintah yang menargetkan nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) rata-rata 43,3 persen pada 2020 dan naik menjadi 50 persen pada 2024, seperti tertuang dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) 2020-2024.

Baca Juga

Demi terserapnya produk lokal, pemerintah mengeluarkan regulasi untuk optimalisasi penggunaan barang dengan standar TKDN, yang tertuang dalam UU Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian dan PP Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri.

Program penggunaan produk dalam negeri wajib didukung berbagai instansi pemerintah, seperti kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, BUMN, serta BUMD yang melakukan pengadaan barang dan jasa melalui pembiayaan APBN, APBD, ataupun hibah.

Menurut Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi, komitmen terus menambah kadar komponen dalam negeri sangat bermanfaat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Republika berupaya penggunaan kandungan lokal dalam industri nasional makin tinggi.

Dengan demikian, diharapkan akan mengurangi ketergantungan terhadap impor.

Irfan percaya jika upaya penggunaan kandungan lokal dalam industri nasional bisa digalakkan secara maksimal, itu dapat menjadi dewa penyelamat di tengah prediksi resesi ekonomi tahun 2023.

"Acara ini digelar agar dunia usaha punya keseriusan memanfaatkan kandungan lokal. Kami percaya kalau bisa digalakkan maksimal ini bisa menjadi dewa penyelamat kalau kita lihat prediksi tahun 2023," kata Irfan di Hotel Four Seasons, Kamis (27/10/2022).

Irfan menyebut dorongan untuk mencintai Indonesia seraya dengan visi dan misi founding father Republika. ACI juga digelar agar terutama BUMN mempunyai keteladanan dan menunjukkan dalam menjadi garda terdepan yang mempunyai kandungan lokal.

Dalam proses penentuan pemenang, tim juri membagikan spesifikasi per bidang usaha. Hasilnya ditemukan satu juara tiap kategori.

"Republika berharap pemenang ACI 2022 menjadi contoh implementasi serapan TKDN dalam mendukung upaya membangun kemandirian bangsa," ujar dia.

Adapun daftar pemenangnya adalah:

1. Sektor Energi: PT Pertamina (Persero)

2. Industri Manufaktur: PT Semen Indonesia Tbk

3. Sektor Pertambangan: PT Aneka Tambang Tbk

4. Sektor Kesehatan: PT Bio Farma

5. Sektor Jasa Keuangan: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk

6. Jasa Infrastruktur: PT Rekayasa Industri

7. Industri Pertahanan: PT Pindad

8. Jasa Telekomunikasi:PT Telkom Indonesia Tbk

9. Sektor Pertanian & Perkebunan: PT Pupuk Indonesia

10. Sektor Perhubungan & Transportasi: PT Kereta Api Indonesia

B. Perusahaan Pemenang Penerapan P3DN Terbaik :

PT Pertamina (Persero)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement