Kamis 27 Oct 2022 04:20 WIB

Wapres Harapkan Inovasi Perguruan Tinggi Hadapi Perubahan

Perguruan tinggi dituntut untuk selalu siap untuk memberikan jawaban melalui inovasi.

Wapres Maruf Amin
Foto: dok. istimewa
Wapres Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengharapkan perguruan tinggi berinovasi dalam menghadapi disrupsi atau perubahan di berbagai bidang kehidupan mulai ekonomi, sosial hingga keagamaan.

Menurutnya, di era teknologi informasi dan persaingan global yang ketat, perguruan tinggi dituntut untuk selalu siap untuk memberikan jawaban melalui berbagai inovasi.

Baca Juga

"Hal ini penting, karena inovasi merupakan kunci keberhasilan dalam memenangkan persaingan global," kata Ma'ruf saat memberikan ucapan selamat milad ke-59 Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Tahun 2022, Rabu (26/10).

Wapres Ma’ruf berharap UIN Ar-Raniry Banda Aceh dapat terus berprestasi dalam membangun bangsa menuju Indonesia maju terutama melalui upaya-upaya riset dan inovasi.

Ma’ruf menjelaskan bahwa melalui inovasi perguruan tinggi juga dapat berkontribusi dalam mempersiapkan masyarakat menghadapi disrupsi, baik dibidang ekonomi, sosial dan keagamaan yang timbul akibat perkembangan teknologi yang demikian cepat.

Selain itu, dalam rangka memperingati Milad ke 59, Wapres juga berharap UIN Ar-Raniry dapat terus menjadi institusi pendidikan Islam yang menyemai nilai-nilai moderasi yang akan menopang persatuan dan tegaknya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menggelar rapat senat terbuka dalam rangka memperingati Milad ke-59 yang berlangsung di Gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy Kopelma Darussalam Banda Aceh, Selasa (25/10/2022).

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman MAg dalam sambutannya mengatakan di usia yang sudah lebih setengah abad ini terus, UIN Ar-Raniry  berupaya meningkatkan mutu dan kualitas Perguruan Tinggi khususnya dalam hal Akreditasi.

"Saat ini kita sedang melakukan transformasi besar-besaran dalam rangka persiapan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan predikat unggul yang jatuh tempo pada akhir tahun 2023," kata Mujib.

Untuk itu, UIN Ar-Raniry akan melakukan berbagai terobosan untuk mencapai Universitas unggul di masa mendatang, dengan capaian akreditasi seluruh program studi.

“Kita akan jatuh tempo proses akreditasi UIN Ar-Raniry pada Desember 2023, dan kita berharap pada awal tahun 2024 antara Januari atau Februari tahun 2024 UIN Ar-Raniry akan mendapat akreditasi unggul,” kata Mujiburrahman.

Selain itu lanjut Rektor Mujib, UIN Ar-Raniry juga menargetkan untuk segera bertransformasi dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

"Bila BLU kita sehat dan kemudian berkembang dan maju, kita berharap ke depan juga UIN Ar-Raniry ini menjadi universitas dengan berbadan hukum," harap Mujib.

Ia mengungkapkan, PTN-BH nantinya Perguruan Tinggi akan memiliki kekhususan lebih spesifik dalam tata kelola organisasi lembaga pendidikan secara mandiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement