Rabu 26 Oct 2022 04:16 WIB

Patrick Vieira Kritisi Sedikitnya Pria Kulit Hitam Menjadi Pelatih

Patrick Vieira satu-satunya pelatih berkulit hitam di Liga Primer Inggris.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
 Pelatih kepala Crystal Palace Patrick Vieira
Foto: AP/Jon Super
Pelatih kepala Crystal Palace Patrick Vieira

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Crystal Palace Patrick Vieira menyebut kalau sepak bola Inggris tidak ramah untuk pelatih berkulit hitam. Vieira bahkan satu-satunya manajer berkulit hitam di Liga Primer Inggris. 

Sebuah laporan terbaru menyebutkan bahwa 43 persen pemain Liga Primer Inggris berkulit hitam. Sementara Divisi Championship memiliki pemain kulit hitam sebanyak 34 persen. Namun, hanya ada 4,4 persen manajer yang berkulit hitam. 

Baca Juga

Legenda Arsenal itu pun menilai masih banyak hal yang harus dilakukan untuk mendorong pesepak bola kulit hitam masuk ke dalam manajemen tim. "Kita harus memberikan kesempatan kepada orang kulit berwarna. Kami sama baiknya dengan orang lain. Kami tidak perlu memiliki kesempatan lebih atau kurang dari orang lain," kata Vieira, dikutip dari BBC, Rabu (26/10/2022).

Menurutnya, jika berkaca pada lima liga teratas di dunia, jumlah pelatih berkulit hitam masih sangat sedikit. Baik di divisi satu maupun kedua. Ia menilai hal itu karena kurangnya kesempatan dan koneksi pesepak bola kulit hitam untuk mengambil bagian dalam peran pengambil keputusan.

Mantan pemain tim nasional Prancis itu meyakini kalau pesepak bola berkulit hitam memang tidak bisa bebas untuk masuk ke dalam manajemen. "Ketika saya bicara tentang manajemen, saya berbicara tentang tim. Namun saya juga berbicara tentang level yang lebih tinggi juga," ujar dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement