Sabtu 01 Oct 2022 04:35 WIB

Merasa Jijik untuk Membersihkan Kloset? Coba Trik Praktis Ini

Sebagian orang merasa jijik ketika harus membersihkan kloset.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Kloset. Ada cara praktis untuk membersihkan kloset.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Kloset. Ada cara praktis untuk membersihkan kloset.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membersihkan kloset merupakan pekerjaan rumah yang sering kali dihindari karea dianggap menjijikan. Meski begitu, kebersihan kloset tetap perlu dijaga agar tak menimbulkan masalah kesehatan.

Kabar baiknya, kegiatan membersihkan kloset bisa dilakukan dalam waktu singkat bila menggunakan trik yang tepat. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Elbow Grease, sebanyak 67 persen responden mengungkapkan bahwa pekerjaan rumah yang paling terasa menjijikan adalah membersihkan toilet.

Baca Juga

Di sisi lain, kebanyakan orang rata-rata menghabiskan waktu sekitar 1,5 tahun dalam hidup mereka di toilet. Survei juga menemukan bahwa pekerjaan rumah lain yang dianggap menjijikan adalah membersihkan seprai yang bau, gelas yang bernoda, dan alat makan yang kotor atau belum dicuci.

Ada sekitar 10-12 persen responden yang menganggap kegiatan-kegiatan tersebut menjijikan. Padahal, dalam hidup, orang rata-rata akan menghabiskan sepertiga waktu mereka di tempat tidur. Penggunaan alat makan sepanjang hidup juga tak terhitung banyaknya.

Membersihkan kloset dalam tiga menit

Melalui kanal Youtube Clean My Space, Melissa Maker memberikan trik membersihkan kloset yang optimal hanya dalam waktu tiga menit. Perangkat yang diperlukan untuk melakukan kegiatan ini adalah sarung tangan karet, sikat gigi, cairan pembersih kloset, sikat kloset, cairan pembersih serba guna, dan paper towel atau handuk kertas.

Penggunaan handuk kertas lebih direkomendasikan daripada kain lap untuk membersihkan kloset. Alasannya, handuk kertas bisa langsung dibuang setelah digunakan, sedangkan kain lap perlu dibersihkan kembali setelah digunakan. Berikut ini adalah trik membersihkan kloset dengan cepat ala Maker, seperti dilansir laman Express:

1. Gunakan sarung tangan karet sebelum memulai kegiatan pembersihan kloset.

2. Semprot seluruh bagian kloset dengan cairan pembersih serba guna, termasuk area tempat duduk dan penutupnya. Cairan pembersih serba guna ini bisa dibuat dengan mencampurkan 180 ml air keran dan satu sendok makan sabun pencuci piring.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement