Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Bahaya Nongkrong di Kloset Lebih dari 5 Menit

Kamis 18 Aug 2022 05:30 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Kloset. Pakar kesehatan mengingatkan agar orang-orang tidak duduk berlama-lama di kloset saat buang air besar.

Kloset. Pakar kesehatan mengingatkan agar orang-orang tidak duduk berlama-lama di kloset saat buang air besar.

Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Duduk di kloset selama lebih dari lima menit tak baik untuk kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Banyak orang kerap mendapatkan ide-ide brilian kala di toilet dan itulah yang membuat mereka nyaman berlama-lama saat buang air besar. Namun, pakar kesehatan dan kebugaran dari Inggris, Stephanie Taylor, mengungkap, duduk di kloset selama lebih dari lima menit adalah ide buruk karena bisa merusak rektum.

“Ketika Anda duduk di kloset, dengan anus berada di level berbeda, ini memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah di rektum bawah yang pada akhirnya dapat menyebabkan wasir yang tidak nyaman dan mengakibatkan pendarahan dubur,” kata Taylor seperti dilansir dari The Sun, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga

Mayo Clinic juga memperingatkan, duduk dalam waktu lama di toilet atau mengejan atau mendorong terlalu keras bisa menjadi penyebab wasir. Menderita wasir atau ambeien bisa sangat menyiksa.

Sebagian besar kasus, ambeien bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi jika mengalami infeksi atau ambeien yang parah, Anda mungkin harus mencari bantuan dari profesional medis.

Wasir terjadi ketika Anda mengalami pembengkakan pembuluh darah tepat di dalam bagian bawah (anus) yang membentuk benjolan. Wasir lebih mungkin terjadi pada orang yang tidak berolahraga, melakukan banyak angkat berat, sedang hamil atau sembelit. Mengejan saat buang air besar juga bisa memicu wasir.

“Selain itu, mengejan dapat menyebabkan fisura anus atau robekan kecil di usus besar dekat anus, yang bisa terasa gatal, nyeri, dan mengakibatkan pendarahan. Atau, dalam kasus terburuk, prolaps rektum, di mana rektum turun melalui anus,” jelas Taylor.

Gejala lain dari wasir adalah benjolan di area dubur, terasa nyeri ketika buang air besar, keluar lendir dari dubur, dan selalu merasa masih perlu buang air besar bahkan setelah selesai. Selain itu, wasir juga ditandai dengan terjadinya pendarahan selama atau setelah buang air besar serta gatal di area dubur.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mencegah ambeien atau wasir. Cobalah makan cukup serat dan minum air putih untuk membuat tinja tetap lunak sehingga Anda tidak perlu mengejan.

“Hindari duduk terlalu lama di kloset. Sebaliknya, pergilah ke toilet saat Anda benar-benar merasa ingin buang air besar,” kata dia.

Menurut sebuah penelitian, hanya perlu lima menit untuk membuka usus. Jika Anda telah duduk selama lebih dari 15 menit tanpa buang air besar, ini mungkin menunjukkan bahwa Anda mengalami konstipasi. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA