Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Smith-Rowe Dipastikan Menepi dari Skuad Arsenal Hingga Desember

Kamis 29 Sep 2022 20:46 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Pemain Arsenal Emile Smith Row, kiri, merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Chelsea dan Arsenal di Stamford Bridge di London, Rabu, 20 April 2022.

Pemain Arsenal Emile Smith Row, kiri, merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Chelsea dan Arsenal di Stamford Bridge di London, Rabu, 20 April 2022.

Foto: AP/Frank Augstein
Emile Smith-Rowe kerap diganggu masalah di pangkal paha.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal memastikan Emille Smith-Rowe bakal absen di tim utama the Gunners, setidaknya hingga Desember mendatang. Gelandang serang asal Inggris tengah menjalani proses pemulihan usai melakoni operasi medis untuk mengatasi masalah otot di pangkal paha. 

Pada awal musim ini, performa Smith-Rowe kerap diganggu masalah di pangkal paha. Kondisi ini membuat gelandang serang berusia 22 tahun itu tidak mampu tampil maksimal, baik di sesi latihan ataupun di pertandingan. Dari delapan laga yang dilakoni Arsenal pada semua ajang musim ini, Smith-Rowe baru merumput di empat laga. Dari empat laga tersebut, Smith-Rowe hanya mencatatkan 47 menit bermain dan merumput sebagai pemain pengganti. Jebolan akademi Arsenal itu pun tidak pernah tampil lebih dari 16 menit pada awal musim ini. Kondisi Smith-Rowe semakin parah usai merumput di laga kontra Manchester United, awal bulan ini. 

Baca Juga

"Setelah berkonsultasi dengan spesilis dan berdiskusi dengan tim medis, Emile memutuskan melakoni operasi untuk memperbaiki otot tendon di pangkal paha. Operasi, yang dilakukan di London itu, berjalan sukses. Kini, proses pemulihan Emile sudah berjalan. Kami berharap, Emile sudah bisa berlatih pada Desember mendatang," tulis pernyataan resmi Arsenal, Kamis (29/9/2022). 

Dipercaya menghuni tim utama Arsenal sejak musim 2018/2019, Smith-Rowe secara perlahan mampu menunjukan perkembangan pesat. Pemain yang sempat dipinjamkan ke RB Leipzig itu pun tampil menjadi andalan baru The Gunners menyusul penurunan performa Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang. 

Pada musim lalu, Smith-Rowe tercatat hanya absen di lima partai di Liga Primer Inggris dan menyumbangkan 10 gol serta dua assist. Total, Smith-Rowe mengemas 11 gol dan dua assist dari 37 pertandingan. 

Bersama Bukayo Saka, Smith-Rowe dinilai sebagai simbol keberhasilan akademi sepak bola Arsenal dalam memproduksi pemain-pemain berkualitas. Performa apik Smith-Rowe pada musim lalu pun sempat mengantarkan gelandang serang kelahiran London itu ke timnas Inggris. Smith-Rowe dipercaya melakoni debut bersama the Three Lions oada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 silam. Dengan pemulihan yang harus dilakoninya, Smith-Rowe bakal absen di Piala Dunia 2022, akhir tahun ini. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA