Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Manfaat Berlian Bagi Perawatan Kulit

Kamis 29 Sep 2022 09:53 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Berlian memiliki manfaat bagi perawatan kulit. (ilustrasi)

Berlian memiliki manfaat bagi perawatan kulit. (ilustrasi)

Foto: shutterstock
Kiblat terkait kecantikan di Indonesia biasanya juga melihat Thailand dan Korea.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dermatologist dr Danar Wicaksono mengatakan berdasarkan sains, ada riset terkait penambahan logam mulia dan diamond (berlian) pada produk skincare. Ditemukan bahwa ada kemampuan dari logam mulia untuk merangsang serabut kolagen kulit.

“Kulit memiliki tiga lapis di bagian tengah itu berkaitan kulit elastis, jadi penambahan gold pada skincare secara keseluruhan dengan invasif, tindakannya dimasukan pakai jarum akan merangsang serabut kolagen, dan seharusnya diamond merangsang efek yang sama,” kata dr Danar dalam acara bersama Wonderly di Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga

Dalam tindakan invasif medis, biasanya juga terdapat treatment diamond microdermabrasion. Tujuannya menggerus kulit bagian atas secara terkontrol agar membuat lapisan baru. “Seperti diamplas tapi dengan diamond mengelupas kulit secara terkontrol. Selain diamplas, kami masukkan serum jadi sekalian, sambil menyelam minum air lewat tindakan diamond hydro peel,” ujar dr Danar.

Kiblat terkait kecantikan di Indonesia biasanya juga melihat Thailand dan Korea. Terkait tindakan invasif yang sedang tren saat ini adalah memasukkan atau menginjeksi DNA salmon, injeksi glutation, hingga vitamin C.

Namun secara statistik, masyarakat Indonesia dinilai belum terlalu berani melakukan beberapa tindakan invasif yang sedang hype tersebut. Tindakan yang sedang booming di negara Asia lain itu secara kuantitas belum terlalu banyak dilakukan orang Indonesia.

Hal ini, menurut dr Danar, disebabkan belum banyak yang berani disuntik wajahnya karena merasa akan disiksa atau sakit. Karena itulah, masih banyak yang mengandalkan treatment dengan hasil relatif lebih lama tapi berdasar penelitian yang telah dilakukan secara terus menerus.

Alhasil, produk perawatan kulit bisa menjadi pilihan. Selain ekstrak emas dan berlian, dr Danar menambahkan ada pula kandungan bernama ceramide yang bisa memperbaiki protein di kulit. Kandungan ini bermanfaat melembapkan sehingga kulit dapat menjalani fungsinya dengan baik.

“Tidak akan ada gunanya memberi macam-macam krim atau skincare kalau sawar kulitnya enggak bagus. Dengan kandungan ceramide dalam skincare bisa menjaga kelembapan kulit,” kata dia.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA