Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

Kurang Aktivitas Fisik, Awas Kena Penyakit Kardiovaskular!

Rabu 28 Sep 2022 21:11 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Olahraga di rumah (ilustrasi). Kurang aktivitas fisik menjadi salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Olahraga di rumah (ilustrasi). Kurang aktivitas fisik menjadi salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Foto: www.freepik.com.
Pastikan Anda beraktivitas fisik lebih dari 30 menit sehari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan Eva Susanti mengatakan kurangnya aktivitas fisik menjadi salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular. Faktor risiko lainnya ialah hipertensi yang tidak terkontrol dan obesitas.

"Kita harus memastikan masyarakat beraktivitas fisik lebih dari 30 menit sehari," ujar dia dalam sebuah acara kesehatan daring, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan kejadian penyakit kardiovaskular ialah kebiasaan merokok dan adanya penyakit diabetes. Eva lalu mengingatkan masyarakat untuk mulai mengadopsi gaya hidup sehat serta membiasakan deteksi dini untuk mencegah atau mengantisipasi penyakit jantung.

Menurut Kementerian Kesehatan, gaya hidup sehat selain rutin beraktivitas fisik, juga meliputi menerapkan pola makan sehat. Upayakan untuk mencukupi asupan buah dan sayuran dan menghindari lemak saturasi yang buruk untuk jantung, seperti makanan yang digoreng.

Selain itu, orang-orang juga disarankan menjaga berat badan normal demi menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Berat badan berlebih biasanya lekat kaitannya dengan penyakit jantung, diabetes, dan kadar kolesterol yang buruk.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA