Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

Anda Suka Tidur dengan TV Menyala? Ini Bahayanya Bagi Fungsi Kardiovaskular

Rabu 29 Jun 2022 15:57 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Menyalakan TV ketika tidur ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Menyalakan TV ketika tidur ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Foto: Reuters
Sebagian orang sering tidur dengan TV menyala.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur dengan TV menyala telah dikaitkan dengan beberapa gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan gangguan dini. Sebuah studi baru oleh Northwestern University School of Medicine mengklaim bahwa tidur dengan pencahayaan seredup apa pun saat malam hari dapat membahayakan fungsi kardiovaskular.

Kepala Sleep Medicine Phyllis Zee dan timnya meneliti peran cahaya dalam tidur untuk orang dewasa yang sehat antara 63 hingga 84 tahun. Menurut penelitian, tidur hanya satu malam dengan cahaya redup dari TV yang suaranya disenyapkan meningkatkan gula darah dan detak jantung orang selama tidur.

Baca Juga

"Studi tersebut mengungkapkan bahwa paparan cahaya apa pun selama periode tidur berkorelasi dengan prevalensi diabetes, obesitas, dan hipertensi yang lebih tinggi pada pria dan wanita yang lebih tua," kata peneliti, seperti dilansir The Sun, Rabu (29/6/2022).

Para peneliti menemukan bahwa resistensi insulin terjadi pada pagi hari setelah orang tidur di ruangan yang terang. Resistensi insulin adalah ketika sel-sel di otot, lemak, dan tubuh tidak merespons insulin dengan baik dan tidak dapat menggunakan glukosa dari darah untuk energi. Untuk menebusnya, pankreas membuat lebih banyak insulin, dan gula darah meningkat seiring waktu.

"Sekarang, kami tunjukkan mekanisme yang mungkin mendasar untuk menjelaskan mengapa ini terjadi. Suasana gelap saat tidur memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur glukosa," kata Zee.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA