Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

...

Barcelona Pertimbangkan Ambil Jalur Hukum Soal Bocoran Data dari El Mundo

Kamis 22 Sep 2022 16:55 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Logo Barcelona FC.

Logo Barcelona FC.

Foto: fcbarcelonawallpapers.net
Dokumen-dokumen itu diketahui merupakan bagian dari penyelidikan pihak kepolisian.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Harian asal Spanyol, El Mundo, melansir laporan yang bertajuk ''Barcaleaks, Dokumen Rahasia Barcelona'' dalam edisi Rabu (21/9/2022) waktu setempat. Dalam laporan tersebut, El Mundo membeberkan sejumlah dokumen, termasuk email yang berisi serangkaian permintaan Lionel Messi saat melakukan negosiasi perpanjangan kontrak dengan Barca pada 2020 silam.

Dokumen-dokumen itu diketahui merupakan bagian dari penyelidikan pihak kepolisian terkait kasus ''Barcagate'' pada awal 2020. Kasus Barcagate berpusat pada dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan Barcelona, yang saat itu masih dipimpin oleh Joseph Maria Bartemou.

Baca Juga

Klub asal Katalan itu dinilai melakukan pembayaran ilegal terhadap pihak ketiga untuk menjatuhkan citra sejumlah penggawa senior di tim utama Blaugrana, terutama di media sosial. Pihak kepolisian pun sempat melakukan penahanan, termasuk Bartemou, dan menyita sejumlah dokumen, tidak terkecuali percakapan email antara Messi dan Barcelona dalam negosiasi perpanjangan kontrak.

Di titik ini, Barcelona merasa, laporan El Mundo tersebut telah melanggar hukum. Pasalnya, dokumen-dokumen tersebut merupakan bagian dari proses penyelidikan Barcagate. Terlebih, percakapan email antara Messi dan manajemen klub dianggap sama sekali tidak terkait dengan skandal Barcagate.

''Dokumen itu juga tidak ada hubungannya dengan kasus hukum yang sedang berjalan. Penggunaannya untuk konsumsi publik menjadi penghinaan buat reputasi dan kerahasiaan klub. Atas alasan untuk melindukungi hak Barcelona, bagian legal tengah mempelajari kemungkinan tuntutan hukum yang bisa dilakukan,'' tulis pernyataan resmi Blaugrana seperti dikutip ESPN, Kamis (22/9/2022).

Berdasarkan laporan El Mundo, Messi diketahui mengajukan sejumlah persyaratan dalam negosiasi perpanjangan kontrak pada 2020 silam. Saat itu, pemain berjuluk La Pulga itu memang tengah memasuki tahun terakhir kontraknya bersama klub yang telah dibelanya sejak 2004 tersebut.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA