Selasa 06 Sep 2022 15:58 WIB

Guardiola Tegaskan City tak akan Juara Liga Champions Jika Hanya Andalkan Haaland

Guardiola mengakui Haaland pemain spesial.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
 Penyerang Manchester City Erling Haaland bersama pelatihnya Pep Guardiola.
Foto: Nick Potts/PA via AP
Penyerang Manchester City Erling Haaland bersama pelatihnya Pep Guardiola.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manajer Manchester City Pep Guardiola menyatakan kalau timnya tidak bisa semata-mata mengandalkan Erling Haaland untuk bisa memenangkan Liga Champions musim ini. Meskipun penyerang tersebut berkontribusi sangat penting pada hasil City di Liga Primer Inggris musim ini. 

Striker asal Norwegia itu telah mencetak 10 gol di enam pekan pertama Liga Primer Inggris sejak pindah dari Borussia Dortmund musim panas.

Baca Juga

"Jika kami hanya menggantungkan diri pada pundak Haaland, kami tidak akan memenangkan Liga Champions. Semua pemain yang datang ke sini dibawa klub untuk membuat kami lebih baik. Itu masuk akal," kata Guardiola, dikutip dari NDTV, Selasa (6/9/2022).

City mencapai semifinal musim lalu, sebelum tumbang di tangan Real Madrid, lewat comeback luar biasa. Klub yang bermarkas di Stadion Etihad itu gagal meraih gelar Eropa pertama mereka. 

Juara bertahan Liga Inggris itu juga membawa gelandang tim nasional Inggris, Kalvin Phillips, striker Argentina Julian Alvarez dan bek Manuel Akanji, serta Sergio Gomez untuk memperkuat skuad.

Namun, hadirnya Haaland menjadi sorotan publik. Guardiola pun berharap mantan pemain RB Salzburg itu bisa menginspirasi City memenangkan trofi Liga Champions dalam final di Istanbul. 

"Semoga saja kami berhasil. Dia datang ke sini karena kami meyakinkannya. Kami tidak punya striker dan dia merasa bisa bermain untuk kami," ujar Guardiola.

Haaland, lanjut dia, bisa beradaptasi dengan baik, sama seperti pemain baru lainnya. Ia juga mengerti mengapa orang banyak bicara tentang Haaland. Namun ia berharap lima pemain baru lainnya bisa beradaptasi secepat mungkin. Meskipun tidak akan memenangkan Liga Champions hanya dengan Haaland, tapi pelatih asal Spanyol itu menyebut strikernya sebagai pemain yang spesial.

"Dia bisa membantu kami menyelesaikan masalah, jelas. Namun jika kami tidak bermain baik, kami tidak akan menang," kata dia.

City akan memulai perburuan gelar juara pada Rabu (7/9/2022) dini hari WIB. The Citizens akan bertandang ke markas Sevilla pada laga pembuka Grup G.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement