Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Suarez Minta Darwin Nunez Jangan Mudah Terpancing Aksi Provokasi Bek-Bek di Liga Inggris

Jumat 19 Aug 2022 16:39 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

 Reaksi pemain Liverpool Darwin Nunez.

Reaksi pemain Liverpool Darwin Nunez.

Foto: AP/Jon Super
Luis Suarez yakin juniornya mendengarkan saran positif dari semua pihak.

REPUBLIKA.CO.ID, MONTEVIDEO -- Penyerang senior tim nasional (timnas) Uruguay, Luis Suarez bereaksi terkait situasi Darwin Nunez. Sebelumnya, Nunez melakukan tindakan kurang terpuji.

Beberapa hari lalu, kompatriot Suarez itu pertama kali membela Liverpool di Anfield. Ia turun sejak menit awal, saat the Reds berhadapan dengan Crystal Palace. Timnya tertinggal lebih dahulu.

Baca Juga

Pada menit ke-57, Nunez diusir wasit. Ia mendapat kartu merah langsung karena menanduk bek Palace, Joachim Andersen. Fakta demikian tentu saja merugikan skuad polesan Juergen Klopp.

Suarez meminta juniornya agar belajar dari situasi tersebut. Ia tak asal bicara. Ia pernah melalui fase yang sama.

Sosok yang kini memperkuat klub lokal Uruguay, Nacional, berkostum Liverpool pada 2011 hingga 2014. Dalam sebuah pertandingan Piala FA, ia dianggap melecehkan bek Manchester United, Patrice Evra. Ia sampai dihukum tidak boleh berlaga dalam delapan pertandingan.

Belum berhenti sampai di situ. Suarez juga pernah mendapat larangan tampil hingga empat bulan lamanya. Ia kedapatan menggigit telinga penggawa timnas Italia, Giorgio Chiellini, di Piala Dunia 2014.

Itu menjelang kepindahannya ke Barcelona. Berjalannya waktu, Suarez mengalami proses pendewasaan. Ia berkontribusi positif membantu Barca meraih segalanya.

Kini, ia meminta Nunez agar tidak mudah terprovokasi. Aksi Andersen bakal ditiru bek lain. Itu sudah sering terjadi dalam kompetisi seperti Liga Primer.

"Jangan beri mereka kesempatan lagi. Itu hanya akan bertambah buruk," kata Suarez dalam wawancara dengan Telemundo, dikutip dari Dailymail.co.uk, Jumat (19/8/2022).

Suarez yakin juniornya mendengarkan saran positif dari semua pihak. Selebihnya, tak ada yang aneh. Menurutnya, banyak pesepak bola melakukan kesalahan dan pernah diusir wasit.

Hanya terkadang media membesar-besarkan sesuatu. "Dia sangat pintar, dan saya pikir dia akan mencoba membalikkan situasi ini," ujar Suarez.

Tanpa Nunez, Liverpool mengalami krisis penyerang. Selain eks Benfica itu, Klopp tak bisa menurunkan Diogo Jota dan Roberto Firmino saat the Reds bertemu Man United pada pekan ketiga Liga Primer Inggris musim 2022/2023. Duel tersebut berlangsung di Stadion Old Trafford, markas Man United, Selasa (23/8/2022) dini hari WIB.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA