Rabu 03 Aug 2022 07:29 WIB

Pemuda Muslim Sydney Lulus Program Surf Lifesavers

Capaian ini merupakan yang pertama dari komunitas Muslim di Australia

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Ilustrasi berselancar di pantai.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ilustrasi berselancar di pantai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekelompok pria Muslim Australia telah berhasil menyelesaikan program penyelamat selancar atau Surf Lifesavers di Sydney, Australia. Capaian ini merupakan yang pertama dari komunitas Muslim di negara tersebut. 

Organisasi Swim Brothers, yang didirikan oleh Omar Mahmoud dan Feroz Sattar, meluncurkan program penyelamat setelah sekelompok pria dari masjid Barat Sydney hampir tenggelam di pantai terpencil. Pria itu kemudian diselamatkan oleh penyelamat selancar yang tidak bertugas.

Baca Juga

Dilansir dari About Islam, Senin (1/8/2022), program ini dimulai sebagai program belajar berenang yang memberikan pelatihan yang sesuai dengan budaya bagi pria dari komunitas yang beragam. Mereka dilatih sebagai penyelamat, baik di kolam renang maupun di aktivitas selancar.

“Semua orang ini berasal dari latar belakang budaya yang beragam dan memiliki kemampuan berenang yang sangat sedikit ketika mereka pertama kali memulai,” kata Feroz Sattar kepada The Leader.

“Sekarang mereka tidak hanya memenuhi prasyarat, tetapi mereka telah berhasil mengambil langkah ekstra untuk menyelesaikan Medali Perunggu mereka dan menjadi penyelamat selancar. Kami senang bisa keluar di musim panas dan berpatroli di pantai, "katanya. 

Tujuan akhir program ini disebut adalah untuk mendukung peserta dalam mencapai Medali Perunggu mereka dan menjadi penyelamat selancar sukarelawan.

“Ini memiliki begitu banyak manfaat bagi Surf Life Saving dan masyarakat secara lebih luas,” kata CEO Surf Life Saving NSW, Steve Pearce.

“Untuk memiliki tujuh pria Muslim yang lulus sebagai penyelamat selancar adalah terobosan.  Para anggota ini akan membawa pesan keamanan air kembali ke komunitas dan keluarga mereka. Jika kita dapat menyelamatkan bahkan satu nyawa melalui program ini, maka itu adalah sesuatu yang sangat berharga,"tambahnya. 

Muslim Australia membentuk 2,6 persen dari populasi 26 juta jiwa negara itu. Menurut sensus terakhir pada 2016, jumlah ini naik dari 2,2 persen pada sensus 2011.

Muslim memang dianjurkan untuk mengajari anak-anak mereka berenang. Dalam sebuah pernyataan banyak cendekiawan Muslim yang dikaitkan dengan Umar bin Khattab RA, i berkata, “Ajari anak-anakmu berenang, memanah, dan menunggang kuda.”

Islam menganjurkan segala sesuatu yang mendorong menyegarkan pikiran atau merevitalisasi tubuh asalkan tidak mengarah pada atau melibatkan dosa, menyebabkan kerusakan, atau menghambat atau menunda kewajiban agama. Ajaran Nabi Muhammad SAW tidak diragukan lagi mendorong keterlibatan dalam kegiatan olahraga sebagai cara untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan mendorong cinta persaudaraan dan kebersamaan keluarga. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement