Selasa 02 Aug 2022 00:30 WIB

Batuk Hingga Tiga Pekan? Waspadai Kanker Paru

Menemukan kanker lebih dini berpotensi menyelamatkan nyawa.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Batuk (ilustrasi). Selain batuk yang tak kunjung sembuh hingga tiga pekan, batuk berdarah dan sesak napas yang terus-menerus juga termasuk gejala lain kanker paru yang perlu diwaspadai.
Foto: www.depositphotos.com
Batuk (ilustrasi). Selain batuk yang tak kunjung sembuh hingga tiga pekan, batuk berdarah dan sesak napas yang terus-menerus juga termasuk gejala lain kanker paru yang perlu diwaspadai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Batuk yang tak kunjung sembuh dan terus berlangsung lama bisa dipicu oleh beberapa macam masalah kesehatan. Salah satu di antaranya adalah kanker paru.

Batuk yang berkaitan dengan kanker paru biasanya berlangsung lebih dari tiga pekan. Selain itu, penderita juga bisa mengalami batuk berdarah atau merasa sesak terus-menerus. Bila mengalami batuk yang seperti ini, para ahli mengimbau masyarakat untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga

"Mungkin gejala tersebut bukan kanker, tetapi ini bisa menemukan (kanker) lebih dini sehingga dapat menyelamatkan jiwa," kata National Clinical Director for Cancer, Prof Peter Johnson, seperti dilansir Express, Senin (1/8/2022).

Kanker paru merupakan salah satu jenis kanker yang sangat mematikan. Bahkan pada 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa kanker paru merupakan jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia.

Pada tahun tersebut, ada sekitar 1,8 juta kematian di dunia yang terjadi karena kanker paru. Mengenali dan mewaspadai gejala kanker paru dapat membuat penyakit ini ditemukan dan diobati lebih dini. Dengan begitu, penderita kanker paru bisa mencapai hasil pengobatan dan harapan hidup yang lebih baik.

"Kita tahu bahwa faktanya sebagian besar orang yang terdiagnosis dengan kanker paru secara cepat akan bertahan hidup," kata National ancer Director untuk National Health Service (NHS), Cally Palmer.

Selain batuk yang tak kunjung sembuh hingga tiga pekan, batuk berdarah, dan sesak napas yang terus-menerus, NHS mengungkapkan bahwa ada beberapa gejala lain yang juga perlu diwaspadai. Sebagian dari gejala tersebut adalah infeksi dada yang kerap kambuh, rasa nyeri saat bernapas atau batuk, batuk semakin memburuk, dan rasa lelah atau kurang energi yang terus berlanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement