Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Waspada, Clubbing Finger Bisa Jadi Pertanda Kanker Paru

Sabtu 11 Jun 2022 00:30 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Jari tangan (Ilustrasi). Salah satu gejala kanker paru adalah clubbing finger atau jari tabuh.

Jari tangan (Ilustrasi). Salah satu gejala kanker paru adalah clubbing finger atau jari tabuh.

Foto: Boldsky
Di samping batuk dan sesak napas, gejala kanker juga bisa terlihat dari kondisi jari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketika Anda berpikir tentang kanker paru-paru, batuk atau sesak napas mungkin jadi gejala yang umum dicurigai. Namun, selain paru-paru dan dada, ada satu area lagi yang bisa menunjukkan kondisi tersebut, yaitu jari.

Cancer Research UK telah berbagi bahwa salah satu tanda yang bisa menjadi gejala kanker paru adalah clubbing finger atau jari tabuh.

Baca Juga

Jari tabuh adalah kondisi pembengkakan ujung jari dan kuku yang melengkung ke bawah. Gejala khusus ini bisa terlihat di antara pasien dengan masalah paru-paru dan jantung, termasuk kanker paru.

Dari warna hingga lekukan, ada beberapa tanda yang berbeda dari jari tabuh. Tanda yang dimaksud menurut Cancer Research UK, yaitu kemerahan pada kulit di sekitar kuku, sudut antara dasar kuku dan lipatan kuku meningkat hingga menyebabkan kuku melengkung lebih dari biasanya.

Kuku dan kulit di sekitar kuku juga akan tampak mengkilap. Lalu, ujung jari terlihat lebih besar dan memberikan tampilan "clubbed".

"Untuk lokasi tepatnya, tanda ini biasanya muncul di bagian atas jari di kedua tangan Anda. Selain itu, kondisi yang sama juga bisa muncul di jari kaki," kata Cancer Research UK, seperti dilansir laman Express.co.uk, Jumat (10/6/2022).

Meskipun terkadang butuh waktu bertahun-tahun untuk berkembang, kondisi tertentu memicu clubbing finger dengan cukup cepat. Jika Anda melihat kondisi tersebut pada jari, Cancer Research UK menyarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Meski tanda ini merupakan gejala kanker paru yang sudah dikenali, tetapi kondisi tersebut tak selalu berarti Anda mengidap kanker paru-paru. Jari tabuh bisa juga menunjukkan sejumlah masalah yang berbeda, mulai dari kolitis ulserativa hingga penyakit Crohn.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA