Jumat 29 Jul 2022 09:10 WIB

Mahasiswa Universitas BSI Hibahkan Aplikasi untuk Kelurahan Jaticempaka

Tiga mahasiswa Universitas BSI menghibahkan aplikasi surat elektronik (e-surat)

Tiga mahasiswa Universitas BSI menghibahkan aplikasi surat elektronik (e-surat).
Foto: UBSI
Tiga mahasiswa Universitas BSI menghibahkan aplikasi surat elektronik (e-surat).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Jatiwaringin secara resmi memberikan hibah aplikasi surat elektronik (e-Surat). Hibah aplikasi ini diberikan kepada kantor Kelurahan Jaticempaka, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (19/7/2022).

Penyerahan dilakukan langsung kepada Sekretariat Lurah Kelurahan Jaticempaka oleh mahasiswa Universitas BSI kampus Jatiwaringin. Mereka adalah Pahlawan Aulia Rahman, Chika Priscella Noveli, dan Frans Paulus Hamonangan.

Baca Juga

“Aplikasi buatan kami yang dihibahkan pada Kelurahan Jaticempaka tersebut merupakan produk dari Tugas Akhir (TA) kami di semester 6. Sebelumnya, kami melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di semester 5,” ujar Chika Priscella Noveli.

Pahlawan Aulia Rahman menjelaskan ide pembuatan aplikasi tersebut bermula saat ia melakukan PKL di Kelurahan Jaticempaka yang berlangsung pada Agustus-Oktober 2021. “Saat melakukan kegiatan PKL di Kelurahan Jaticempaka, kami melihat ada suatu permasalahan yakni saat staf melakukan registrasi pembuatan surat keluar,” katanya.

Penyebab permasalahan tersebut karena sistem masih dilakukan secara manual dengan mengetik pada aplikasi Microsoft Word. Akibatnya saat melakukan registrasi, staf membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak rapi dalam pengarsipan surat.

“Karena itulah kami berinisiatif membangun aplikasi surat elektronik. Kami berharap adanya aplikasi ini membuat waktu dalam pengelolaan surat lebih efisien serta pengarsipan data surat akan lebih tertata dan rapi,” terangnya.

Aplikasi bersifat intern yang hanya dapat diakses dan dilihat oleh admin atau staf Kelurahan Jaticempaka. “Aplikasi e-surat ini merupakan aplikasi hasil pengerjaan tugas akhir kami sebagai mahasiswa akhir Program Studi Sistem Informasi Universitas BSI dan telah resmi kami hibahkan pada Kelurahan Jaticempaka. Semoga apa yang kami buat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya staf Kelurahan Jaticempaka,” ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement