Jumat 29 Jul 2022 09:01 WIB

Momentum Hari Anak Nasional, Istri Menag Ajak Optimalkan Perlindungan Anak 

Istri Menag Eny Retno mengingatkan pentingnya perlindungan anak

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Istri Menag Eny Retno Yaqut (kedua dari kiri)  mengingatkan pentingnya perlindungan anak
Foto: Dok Istimewa
Istri Menag Eny Retno Yaqut (kedua dari kiri) mengingatkan pentingnya perlindungan anak

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA – Dalam momentum Anak Nasional 2022, Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Eny Retno Yaqut mengajak berbagai pihak untuk mengoptimalkan pelindungan anak. 

Istri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ini pun turut memberikan edukasi kepada anak-anak di Raudlatul Athfal (RA) Purwanida 5 Nurul Fajar, Pabuaran, Bojongede, Kabupaten Bogor pada Kamis (28/7/2022).

Baca Juga

Disambut beberapa anak di depan kelas, Eny Retno Yaqut mengajarkan anak-anak tentang pengenalan anggota tubuh dan pentingnya menjaga diri. Acara ini juga dihadiri Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, M Ishom Yusqi. 

“Concern kami adalah perlunya menggalakkan ikhtiar pelindungan terhadap anak-anak,” ujar Eny dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (29/7/2022). 

Pesan ini disampaikan usai mendemonstrasikan alat peraga boneka dan mengenalkan empat bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain, bibir, dada, serta dari perut sampai lutut. Menurut Eny, ini merupakan edukasi bagu anak mengenal anggota tubuh. 

“Edukasi seperti ini perlu terus digaungkan untuk melindungi anak-anak, terutama dari kekerasan seksual yang bisa dimulai dari mengenalkan mereka Anggota Tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh,” ucap dia. 

Menurut Eny, edukasi semacam ini penting dikarenakan sebagian orang tua masih mengaggap bahwa hal itu tabu dan tidak pantas untuk diajarkan kepada anak-anak. 

Eny berpesan agar anak-anak sejak awal ditanamkan pentingnya menjaga diri dari usia sedini mungkin. Untuk menarik perhatian anak-anak, menurut dia, edukasi bisa dikemas dalam bentuk lagu dan memberikan pengertian sesuai dengan rentang usia anak. 

Dia juga mengimbau semua pihak, terutama orangtua untuk memberikan kasih sayang sesuai porsi yang anak-anak butuhkan dan menjamin kesehatan mental anak.   

“Orang tua harus up to date karena anak-anak kita tengah hidup di zamannya dan dengan tantangannya sendiri. Para orang tua harus meningkatkan edukasi kepada anak-anaknya,” kata Eny.

Sebagai informasi, Puncak Hari Anak Nasional akan digelar di Jungle Land Advanture Park, Bogor pada 9 Agustus 2022. Acara ini akan dimeriahkan oleh serangkaian penampilan Pentas Anak-Anak Nasional, sejumlah permainan tradisional dan tari kolosal, tetabuhan, dongeng anak, dan orkestra. Acara tersebut rencananya akan dihadiri pula oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement