Selasa 26 Jul 2022 10:06 WIB

NASA Unggah Foto Permukaan Pluto dalam Warna Pelangi

NASA menjelaskan bahwa Pluto sebenarnya tidak memiliki warna pelangi.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Badan Antariksa Amerika (NASA) mengunggah gambar warna-warni Pluto di akun Instagram
Foto: nasa
Badan Antariksa Amerika (NASA) mengunggah gambar warna-warni Pluto di akun Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Antariksa Amerika (NASA) mengunggah gambar warna-warni Pluto di akun Instagram, pekan lalu (19/7/2022). Foto itu adalah penampakan warna dari jantung Pluto yang diambil oleh misi New Horizons pada tahun 2015.

Foto berwarna palsu dari objek target terkadang dibuat oleh para astronom untuk menarik perhatian pada variasi kecil dalam topografi atau komposisi atmosfer. NASA menjelaskan bahwa Pluto sebenarnya tidak memiliki warna pelangi.

Baca Juga

Gambar warna yang diterjemahkan ini diproduksi oleh para ilmuwan New Horizons untuk menekankan banyak variasi rona kecil antara berbagai wilayah di planet kerdil ini.

Permukaan Pluto rumit dan beragam. Di antara topografi lama yang sangat berkawah dan dataran baru yang datar dan beku terdapat pegunungan. Misi New Horizons diluncurkan pada 19 Januari 2006. New Horizons mempelajari Pluto dan bulan-bulannya selama enam bulan selama terbang lintas di musim panas 2015. Pesawat ruang angkasa bergerak lebih jauh ke sabuk Kuiper karena terus mempelajari tata surya yang jauh.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement