Senin 11 Jul 2022 15:00 WIB

Amir Makkah Serahkan Kiswah Kepada Penjaga Ka'bah

Kiswah diserahkan Amir Makkah ke penjaga Ka'bah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Amir Makkah Serahkan Kiswah Kepada Penjaga Ka'bah. Foto:  Pekerja Saudi menyulam kaligrafi Islam menggunakan benang perak murni atau benang perak berlapis emas selama tahap akhir dalam persiapan tirai, atau Kiswah, yang menutupi Kabah, struktur berbentuk kubus di jantung Masjidil Haram, di Kiswah pabrik di Mekah, Arab Saudi, Rabu, 6 Juli 2022. Jemaah haji berkumpul di kota suci Mekah di Arab Saudi untuk haji terbesar sejak pandemi virus corona sangat membatasi akses ke salah satu dari lima rukun Islam.
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Amir Makkah Serahkan Kiswah Kepada Penjaga Ka'bah. Foto: Pekerja Saudi menyulam kaligrafi Islam menggunakan benang perak murni atau benang perak berlapis emas selama tahap akhir dalam persiapan tirai, atau Kiswah, yang menutupi Kabah, struktur berbentuk kubus di jantung Masjidil Haram, di Kiswah pabrik di Mekah, Arab Saudi, Rabu, 6 Juli 2022. Jemaah haji berkumpul di kota suci Mekah di Arab Saudi untuk haji terbesar sejak pandemi virus corona sangat membatasi akses ke salah satu dari lima rukun Islam.

IHRAM.CO.ID,MINA -- Penasehat Penjaga Dua Masjid Suci dan Gubernur wilayah Makkah, Pangeran Khalid Al-Faisal, menyerahkan Kiswah kepada penjaga senior Ka'bah, Dr Saleh bin Zain-ul-Abidin Al-Shaibi. Hal ini dilakukan atas nama Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman.

Kehadiran Dr. Al-Shaibi dalam acara ini didampingi oleh Ketua Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Dr. Abdurrahman Al-Sudais.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Senin (11/7/2022), upacara serah terima tersebut diadakan di markas Kerajaan Makkah di tempat suci Mina, di hadapan Wakil Gubernur wilayah Makkah Pangeran Badr bin Sultan bin Abdulaziz.

Berita acara serah terima dan penerimaan ditandatangani oleh Ketua Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dan kepala wali Masjidil Haram. Hal ini dilakukan dalam persiapan penggantian Kiswah Ka'bah pada tanggal satu bulan pertama Muharram 1444 Hijriah.

Kiswah terbuat dari sutra alam khusus yang diwarnai hitam dan diproduksi oleh Kompleks Raja Abdulaziz Untuk Kiswah Ka'bah Suci, yang terletak di distrik Umm Al-Jude di Mekah.

Tinggi Kiswah sepanjang 14 meter dengan sepertiga di bagian atasnya terdapat sabuk dengan lebar 95 sentimeter dan panjang 47 meter, terdiri dari 16 buah yang dikelilingi bujur sangkar hiasan Islami.

Kiswah terdiri dari empat helai kain, masing-masing helai menutupi salah satu sisi Ka'bah. Adapun helai ke-5 adalah tirai yang dipasang di pintu Ka'bah.

Pembuatan kiswah disebut melewati beberapa tahap dan membutuhkan tenaga kerja lebih dari 200 karyawan.  

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/622823/SAUDI-ARABIA/Makkah-emir-hands-over-Kiswa-to-senior-keeper-of-Kaaba

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement