Kamis 07 Jul 2022 15:20 WIB

Mobil Mantan Presiden AS Dijual Rp 1,2 Miliar

Mobil Chrysler New Yorker milik Harry Truman dalam keadaan mati.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Chrysler New Yorker sebagai kendaan dinas mantan presiden AS Harry Truman.
Foto: clasicc auto mall
Chrysler New Yorker sebagai kendaan dinas mantan presiden AS Harry Truman.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Saat Harry Truman menjabat sebagai President Of The United States (POTUS) pada 1945 hingga 1953, ia menggunakan Chrysler New Yorker sebagai kendaan dinas. Kini, mobil itu telah direstorasi dan dijual kepada masyarakat.

Dikutip dari Car and Driver pada Kamis (7/7/2022), mobil klasik itu dijual oleh Classic Auto Mall dengan harga 83.500 dolar AS atau sekitar Rp 1,2 miliar.

Baca Juga

Meski mesin mobil ini dalam kondisi mati, tapi kondisi ekterior dan interiornya dalam keadaan yang sangat baik. Artinya, mobil ini sangat cocok dimiliki oleh kolektor yang ingin memajang kendaraan bersejarah ini di musium pribadi.

Mobil milik presiden yang meninggal pada 1972 ini pun memiliki cerita lain karena tak hanya jadi kendaraan dinas. Karena, setelah menjabat sebagai abdi negara, Harry Truman juga sempet menggunakan mobil ini untik road trip selama 19 hari.

Saat itu, ia melakukan perjalanan bersama istrinya dari Missouri menuju East Cost. Perjalanan itu pun dianggap jadi perjalanan yang sangat romantis karena dilakukan tanpa pengawalan secret service dan pantauan media.

Chrysler New Yorker  merupakan mobil sedan yang diproduksi pada 1940 hingga 1996. Mobil flagship dari pabrikan Amerika itu sendiri ditawarkan dalam beberapa format seperti sedan empat pintu, coupe dua pintu dan convertible dua pintu.

Untuk mesin, mobil ini ditawarkan dalam dua opsi yakni 4,9 liter dan 5,4 liter. Nama yang dipilih sendiri merupakan nama dari salah satu kota di AS untuk menegaskan bahwa produk itu merupakan produk kebanggaan Amerika.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement