Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Australia Lolos ke Piala Dunia Qatar, Ada Peran J League dalam Perjalanannya

Jumat 01 Jul 2022 06:09 WIB

Red: Israr Itah

Penyerang Cerezo Osaka Adam Taggart (kanan) yang membela timnas Australia.

Penyerang Cerezo Osaka Adam Taggart (kanan) yang membela timnas Australia.

Foto: Dok J.LEAGUE - all rights reserved
Adam Taggart dan Mitchell Duke yang membela Australia merumput di J League.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Australia secara resmi menjadi negara keenam dari Konfederasi AFC yang sukses lolos ke kejuaraan sepak bola paling bergengsi di dunia yakni Piala Dunia 2022. J.League atau Liga Jepang dinilai berkontribusi dalam keberhasilan tersebut via aksi Adam Taggart dan Mitchell Duke. 

Kedua pemain yang selama ini bermain di J.League bersama Cerezo Osaka dan Fagiano Okayama itu merupakan bagian Socceroos saat menjalani pertandingan kualifikasi terakhir melawan Peru di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, 13 Juni lalu. Dalam laga penentuan tersebut, Timnas Australia harus menjalani laga sepanjang 120 menit dan akhiri dengan adu tendangan penalti. Akhirnya anak asuh Graham Arnold itu menang 5-4 setelah dalam normal bermain imbang 0-0.

Baca Juga

Mitchell Duke pada laga tersebut menjadi striker tunggal bermain selama 69 menit sebelum akhirnya diganti oleh Awer Mabil. Sedangkan Taggart memang tak bermain pada laga ini, tetapi ia berkontribusi tiga gol dalam delapan laga kualifikasi yang dijalani Australia.

Memang, ini bukan kali pertama Australia lolos ke Piala Dunia. Namun lolosnya Socceroos membuat sejarah tersendiri bagi persepakbolaan Asia karena bisa mengirimkan enam wakil pada kejuaraan sepak bola terbesar sejagat itu setelah Australia bergabung dengan Konfederasi AFC dari Oseania.

Sebelumnya, lima negara Asia sudah dinyatakan lolos ke kejuaraan empat tahunan tersebut yakni tuan rumah Qatar, Iran, Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi. Berdasarkan data dari J.League, Kamis (30/6/2022), tercatat setidaknya ada 39 pemain asal Negeri Kanguru yang pernah bermain di J.League dari kasta teratas hingga kasta ketiga. Termasuk di dalamnya pelatih Timnas Australia saat ini, Graham Arnold, yang membela Sanfrecce Hiroshima pada 1997 sampai 1998.

Arnold bermain 28 kali di J1 League dan mencetak tujuh gol saat itu, sebelum kemudian kembali ke Liga Australia dan kini menjadi pelatih. Saat itu, Arnold bergabung dengan rekan senegaranya, Anthony Popovic, yang merupakan pemain asal Australia pertama di J.League.

Setelah era mereka, ada banyak pemain timnas Australia yang bermain di Piala Dunia juga pernah berlaga di J.League seperti Andrew Nabbout (Urawa Red Diamonds), Milos Degenek (Yokohama F. Marinos), Joshua Kennedy (Nagoya Grampus), dan Mark Milligan (JEF United Chiba).

Kini, jejak para pemain Australia di J.League tak hanya bisa ditemukan dalam diri Mitchell Duke dan Adam Taggart. Namun ada nama lain seperti Mitchell Langerak (Nagoya Grampus), Thomas Deng (Albirex Niigata), Stefen Mauk (Fagiano Okayama), hingga Mohamed Adam (FC Imabari).

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA