Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Gabung ke AS Monaco, Minamino: Saya tak akan Lupakan Dukungan Liverpool

Kamis 30 Jun 2022 07:45 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Mantan penyerang Liverpool Takumi Minamino. AS Monaco musim ini resmi mendatangkan Minamino.

Mantan penyerang Liverpool Takumi Minamino. AS Monaco musim ini resmi mendatangkan Minamino.

Foto: Peter Byrne/PA via AP
Kontribusi Takumi Minamino jauh melebihi peluang yang dapat diberikan Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Takumi Minamino telah mengucapkan selamat tinggal kepada Liverpool. Penyerang Jepang itu bergabung dengan AS Monaco pada Selasa (28/6/2022) dalam kesepakatan senilai 15,5 juta poundsterling.

Minamino mencetak 14 gol dalam 54 penampilan untuk Liverpool setelah bergabung dari Red Bull Salzburg pada Januari 2020.

Baca Juga

"Dukungan LFC tersayang, saya sangat senang ketika saya bergabung dengan keluarga LFC dua setengah tahun yang lalu, tetapi waktu saya telah berakhir," kata Minamino dikutip dari Tribal Football, Kamis (30/6/2022). "Saya memiliki waktu yang fantastis dan tak akan pernah melupakan dukungan besar yang saya terima dari Anda semua di Anfield. Saya berharap yang terbaik untuk Anda. Sayonara, selamat tinggal. YNWA. Taki."

Pemain internasional Jepang itu memenangkan medali pemenang Liga Primer Inggris di musim pertamanya bersama The Reds, tetapi mulai sulit mendapatkan tempat di tim utama. Ia telah pergi dengan doa dan harapan terbaik dari pelatih Liverpool Juergen Klopp.

"Saya yakin akan ada orang yang berpikir ia itu tidak berhasil (di Liverpool). Mereka yang berpikir ini, salah. Saya tidak menerimanya," kata Klopp itu dikutip dari Mirror. "Ia seorang profesional yang luar biasa, pemain super, dan berbakat. Sebagai pribadi, ia penuh kehangatan dan membuat semua orang merasa positif. Impian seorang pelatih, jujur ​​saja."

Menurut Klopp, kontribusi Minamino jauh melebihi peluang yang dapat diberikan Liverpool dalam hal pertandingan awal. Minamino, kata Klopp, membuat tim lebih baik setiap harinya saat ia bersama dengan sikap sempurna dan mentalitas pemenang. Prestasinya di Anfield disebut akan bertahan dalam ujian waktu.

Minamino berjuang untuk kans tampil tim utama the Reds di Liga Primer, tetapi ia bersinar di kompetisi Piala Liga (Carabao Cup). Faktanya, pemain berusia 27 tahun itu adalah pencetak gol terbanyak the Reds di Piala Liga dan Piala FA, setelah mencetak tujuh gol secara total.

Minamino juga mencetak tiga gol dalam 11 penampilan di liga, dan rata-rata mencetak gol setiap 100 menit di semua kompetisi musim lalu atau rekor terbaik dari rata-rata pemain Liverpool.

Setelah menghabiskan paruh kedua musim 2020/2021 dengan status pinjaman di Southampton, Minamino yang kembali ke Liverpool perlu membuktikan satu poin kepada Klopp bahwa ia masih memiliki peran untuk dimainkan di klub. Meski peluangnya terbilang terbatas di Liga Primer Inggris, tak ayal Minamino memanfaatkan peluangnya dengan tampil maksimal di kompetisi domestik lainnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA