Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Tips Bikin Rantai Motor Tetap Awet

Senin 27 Jun 2022 01:32 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Dibonceng naik motor (ilustrasi).

Dibonceng naik motor (ilustrasi).

Foto: Republika/ Wihdan
Motor mengandalkan rantai sebagai sistem penggerak pada roda belakang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Motor bebek, motor adventure dan motor sport merupakan motor yang masih mengandalkan rantai sebagai sistem penggerak pada roda belakang. Vitalnya peran rantai pun membuat komponen ini jadi komponen yang perlu mendapat perhatian lebih.

Dikutip dari website Wahana Honda pada Jumat (24/6/2022), terdapat tiga langkah yang perlu dilakukan oleh pengendara untuk menjaga keawetan komponen rantai.

Baca Juga

Pertama, pengendara perlu untuk selalu memperhatikan kebersihan komponen penggerak tersebut. Baik pada bagian rantai maupun pada bagian gear primer maupun gear sekunder.

Sebab, sebagian besar motor saat ini tak lagi menerapkan pelindung rantai yang menyeluruh. Hal ini membuat komponen penggerak tersebut lebih berpotensi untuk dihinggapi oleh kotoran.

 

Kedua, pastikan bagian rantai selalu dibalut dengan pelumas khusus rantai. Hal ini perlu untuk diperhatikan demi menjaga performa sistem penggerak dan menghindari adanya karat pada rantai.

Terakhir, pengendara perlu selalu memperhatikan kerenggangan rantai. Pastikan bahwa rantai pada sepeda motor tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendor.

Pemeriksaan ini bisa mengacu pada panduan yang biasanya terletak pada bagian swing arm atau pada pelindung rantai. Jika kerenggangan rantai tak sesuai dengan acuan tersebut, maka pengendara harus melakukan pengaturan kerenggangan rantai.

Kondisi kerenggangan rantai yang sesuai dengan acuan sendiri sangat mempengaruhi kinerja dan keawetan rantai. Jika terlalu longgar, maka rantai bisa menimbulkan suara berisik dan berpotensi terlepas dari gear dan jika terlalu kencang maka rantai bisa terputus.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA