Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Tips Memilih Berlian Bagi Pemula

Kamis 23 Jun 2022 16:08 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Bagi pemula, ada penilaian populer yang bisa dijadikan indikator membeli berlian.

Bagi pemula, ada penilaian populer yang bisa dijadikan indikator membeli berlian.

Foto: www.pixabay.com
Bagi pemula, ada penilaian populer yang bisa dijadikan indikator membeli berlian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak faktor untuk menilai keindahan dan nilai berlian. Bagi seorang yang kurang awam dengan berlian, jewellery designer of Adelle Jewellery, Michelle Lo mengatakan faktor penilaian paling populer dan banyak diakui adalah carat, cut, clarity, dan color (atau lebih dikenal dengan 4C) hingga berbagai indikasi sentimental dan emosional yang identik dengan berlian.

“Cek 4C, harus dicek dan dilihat dengan detail,” kata Michelle dalam acara ramah tamah bersama media belum lama ini di Jakarta Selatan.

Baca Juga

Untuk carat, Michelle mengatakan, berat berlian bisa disesuaikan dengan keinginan dan dana masing-masing pembeli. Sementara untuk color, Michelle menyarankan untuk memilih warna dengan penilaian colorless dengan skala DEF. 

Untuk cut ada lima skala penilaian, yaitu exelent, very good, good, fair, poor. Usahakan untuk memilih skala exelent. Kemudian, untuk clarity, pilihlah berlian dengan sedikit tanda lahir alami atau skala penilaian VVS2. 4C ini biasanya dinilai dengan sertifikat GIA (pedoman untuk menilai kualitas berlian).

Namun, Michelle mengatakan ada juga elemen lain yang membuat performa berlian semakin bernilai, di antaranya adalah light performance. Director bnternational Business, GemEx, Justin Wagner menjelaskan light performance adalah kemampuan berlian membiaskan dan memantulkan cahaya.

Light performance yang memengaruhi keindahan berlian. Semakin tinggi light performance dari berlian, maka akan semakin indah pantulan cahaya yang dihasilkan dari berlian tersebut.

“Semua orang dapat melihat keindahan berlian, tetapi kadang tidak selalu yakin dengan apa yang mereka lihat atau cukup percaya diri dengan apa yang dilihat,” ujar Wagner.

Jika GIA menilai berlian dari segi kualitas dan keasliannya, maka GemEx memastikan bahwa berlian memiliki performa cahaya yang baik. Uji laboratorium sientifik dapat mengukur skala performa cahaya berlian berdasarkan tiga kategori, yaitu fire, brilliance, dan sparkle.

Fire merupakan cahaya warna-warni yang terpantul ketika cahaya menyinari berlian. Brilliance merupakan cahaya putih yang dipantulkan saat faset berlian terkena cahaya. Sparkle merupakan pantulan kilauan dari potongan serta faset pada berlian saat berlian digerakkan di bawah cahaya.

Light performance diukur menggunakan alat pemindaian bernama BrillianceScope Analyzer. Alat ini menggunakan kamera berkualitas tinggi dengan light ring bergerak dengan cara mengambil lima gambar berlian. Setelah itu diukur dengan seberapa banyak berlian yang dapat mengembalikan cahaya putih, cahaya berwarna, dan berapa banyak kilauannya pada setiap gambar.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA