Kamis 23 Jun 2022 16:45 WIB

Petrokimia Gresik Dorong Mahasiswa Tumbuhkan UMKM Baru

Berwirausaha di usia muda membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo
Foto: Istimewa
Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK--Petrokimia Gresik mendorong mahasiswa aktif menjadi wirausaha untuk menumbuhkan UMKM baru di Indonesia melalui Mangga Madu/Muda Business Competition (MMBC) 2022. Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menuturkan, MMBC 2022 sudah memasuki penjurian final secara hibrida pada Senin (20/6/2022).

Dwi Satriyo mengatakan, UMKM memiliki peranan strategis sebagai pilar perekonomian Indonesia berbasis kerakyatan. “Sebagai bagian dari Pupuk Indonesia dan BUMN yang merupakan lokomotif pembangunan bangsa, program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Petrokimia Gresik salah satunya berfokus pada pendanaan dan pendampingan UMKM, termasuk program MMBC ini,” ujar Dwi Satriyo dalam keterangan, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga

MMBC diselenggarakan untuk pertama kali dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Petrokimia Gresik. Kompetisi ini menyasar dua segmen peserta. Pertama, Mitra Kebanggaan (Mangga) Muda yang diperuntukkan bagi mahasiswa aktif, serta Mangga Madu bagi istri karyawan Petrokimia Gresik.

“Berwirausaha di usia muda membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang cukup. Melalui kegiatan ini, selain dapat menambah pengalaman diharapkan dapat memperluas jaringan para peserta untuk meningkatkan kinerja usahanya,” ujar Dwi Satriyo.

Sedangkan dalam program Mangga Madu, Petrokimia Gresik ingin mengoptimalkan potensi perempuan untuk menjadi entrepreneur, dimana perempuan dikenal mempunyai keunggulan multitasking dalam mengerjakan dua atau lebih pekerjaan sekaligus.

“Ini juga menjadi persiapan dini untuk bekal saat pensiun nanti, terutama bagi para istri yang memiliki usaha sendiri. Sehingga dapat meningkatkan peran perempuan sebagai pilar ekonomi keluarga,” tutur Dirut Petrokimia.

Masing-masing kategori peserta menyisakan sepuluh tim yang terbagi ke dalam dua sub kategori. Yaitu creativesociopreneur dan agrosociopreneur. Kategori creativesociopreneur merupakan kompetisi untuk pelaku usaha di bidang kreatif seperti fashion, food and beverages, furniture, automotive dan photography. Sedangkan agrosociopreneur fokus pada bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Pemenang masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah total Rp 75 juta dan pendanaan usaha total senilai  Rp 3 miliar. Pemenang akan diumumkan pada 2 Juli 2022 dalam acara Mangga Hybrid Expo dan selanjutnya mengikuti Inkubasi UMKM untuk menjadi Petrokimia Gresik School of Business and Management.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement