Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Kiper Australia tak Anggap Dirinya Pahlawan Usai Bawa Socceroos ke Piala Dunia

Selasa 14 Jun 2022 13:48 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Kiper Australia Andrew Redmayne

Kiper Australia Andrew Redmayne

Foto: EPA-EFE/DAN HIMBRECHTS
Kiper Andrew Redmayne dimasukkan pelatih Australia menjelang adu penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Penjaga gawang timnas Australia Andrew Redmayne memilih untuk membumi usai membawa Socceroos lolos ke Piala Dunia 2022. Redmayne menjadi pahlawan saat Australia mengalahkan Peru 5-4 lewat adu penalti pada laga playoff antarbenua di Stadion Al Rayyan, Doha, Qatar, Selasa (14/6/2022) dini hari WIB.

Redmayne punya keunggulan sebagai penahan penalti. Sebab, ia baru dimasukkan oleh pelatih Australia Graham Arnold jelang babak kedua perpanjangan waktu berakhir.

Baca Juga

"Dia adalah penghenti tembakan penalti yang bagus, dan saya melakukan sesuatu yang dapat mempengaruhi mental mereka (penendang Peru)," kata Graham Arnold purna laga dikutip Reuters.

Peru sejatinya berada di atas angin setelah sepakan algojo pertama Socceroos Martin Boyle dapat diantisipasi kiper La Blanquirroja Pedro Gallese.

Petaka hadir untuk skuad besutan Ricardo Gareca mengingat tembakan eksekutor ketiga Luis Advincula membentur mistar gawang. Redmayne keluar sebagai pahlawan saat ia berhasil membaca arah bola dari eksekusi Alex Valera.

Redmayne pemilik nomor punggung 12 adalah kiper dengan postur menjulang tinggi dengan jenggot yang menyeret ke bawah. Aksinya cukup meragukan lantaran lebih banyak menari dan melambaikan tangan serta pinggul. Namun, aksi itu rupanya bermaksud untuk memecah konsentrasi pemain Peru.

"Saya hanya memainkan peran kecil, saya tak berpikir saya seorang pahlawan atau apa pun. Para pemain semuanya melakukan perubahan dan peran besar menghabiskan 120 menit melawan tim yang sangat bagus," kata Redmayne.

Sebelumnya, Redmayne pernah menjalani uji coba untuk Arsenal saat remaja. Namun Arsenal kemudian lebih memilih Wojciech Szczesny, Belakang pelatih Arsenal kala itu Arsene Wenger mengakui klubnya melakukan kesalahan tak mengontrak Redmayne.

Ia memainkan seluruh kariernya di kompetisi A-League, memenangkan gelar liga untuk Sydney FC dengan dua penyelamatan dalam adu penalti yang menentukan final kompetisi 2019. Penyelamatannya membawa Australia bersaing di Grup D Piala Dunia 2022 bersama timnas Denmark, Prancis, serta Tunisia.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA