Selasa 07 Jun 2022 14:23 WIB

Sederet Alasan Gerindra Pecat M Taufik yang Pernah Doakan Anies Jadi Presiden

Tak hanya dicopot dari jabatan Wakil Ketua DPRD DKI, M Taufik juga dipecat Gerindra.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik yang telah resmi dipecat oleh DPP Partai Gerindra. (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik yang telah resmi dipecat oleh DPP Partai Gerindra. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Zainur Mashir Ramadhan, Nawir Arsyad Akbar, Febrianto Adi Saputro

Majelis Kehormatan Partai Gerindra baru saja melakukan pemecatan terhadap politisi seniornya, Mohamad Taufik. Pemecatan itu berdasarkan pertimbangan yang lama dari pihak partai, bahkan sejak Pilpres 2019.

Baca Juga

“Pengawasan dan penilaian buruk DPP Partai Gerindra terhadap kinerja Sdr. M Taufik, bisa dibilang dimulai dari saat Pilpres 2019 sampai dengan saat ini,” kata Wakil Ketua Majelis Kehormatan Partai Gerindra, Wihadi Wiyanto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Dia menambahkan, M Taufik sebagai unsur pimpinan DPD Gerindra DKI Jakarta dinilai gagal dalam menjalankan amanah Partai terkait kalahnya perolehan suara pasangan Prabowo- Sandi di DKI 2019 silam. Termasuk, saat dirinya, kata Wihadi, kerap disebut dalam perkara tindak korupsi di lingkungan Pemprov DKI.

Tak hanya itu, DKI yang tak memiliki kantor DPD layaknya daerah lain, juga dinilai sebagai kesalahan Taufik, mengingat, DKI sebagai barometer Partai Gerindra. Dia menambahkan, dalam persidangan sebelumnya oleh majelis, Taufik kerap memberikan keterangan berkelit di bawah sumpah.

“Adapun kemudian pada saat ini nyatanya telah terbukti, bahwa segala apa yang disampaikannya pada pemeriksaan terdahulu adalah tidak benar dan merupakan kebohongan,” katanya.

Lebih jauh, Taufik, menurut majelis juga terkait dengan pelanggaran AD/ART yang dilakukannya dengan melanggar sumpah sebagai kader Gerindra. Utamanya, saat setiap kader dinilai Wihadi patuh pada ideologi dan disiplin partai. 

Menurutnya, selama ini Taufik terlalu banyak memberikan pernyataan di media terkait pergantian dirinya sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Padahal, klaim itu dinilai Majelis Kehormatan Dewan Pimpinan Pusat Gerindra tidak benar.

“Dan itu juga telah menyudutkan partai Gerindra, bahkan membuat gaduh kehidupan masyarakat dan internal,” jelasnya.

Wihadi juga menyoroti ketidakloyalan Taufik terhadap Gerindra. Ditanya, apakah salah satu ketidakloyalan karena mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan? Wihadi tak menjawab gamblang. Ia hanya kembali menegaskan, mantan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu kerap melakukan manuver.

"Saat mau kita ganti sebagai wakil ketua DPRD, itu pun sudah menunjukkan ketidakloyalan, dan manuver juga, dan ini berlarut-larut," ujar Wihadi.

Sebelum adanya keputusan pemecatan, M Taufik berencana mengundurkan diri setelah tidak menjabat sebagai wakil ketua DPRD DKI. Meski begitu, ia tidak secara rinci untuk mengundurkan diri sebagai kader Gerindra atau sekaligus anggota dewan.

"Alasannya tidak apa-apa, kan saya punya keinginan, punya sikap," kata Taufik usai rapat paripurna di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2022).

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement