Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Di Ajang Sumatera Bike Week, Klub Motor HDCI Siap Lakukan Aksi Sosial Ini

Senin 06 Jun 2022 17:20 WIB

Rep: eric iskandarsjah z/ Red: Hiru Muhammad

Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) akan menggelelar Sumatera Bike Week 2022 yang fokus untuk mendorong UMKM dan industri pariwisata.

Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) akan menggelelar Sumatera Bike Week 2022 yang fokus untuk mendorong UMKM dan industri pariwisata.

Foto: Republika/Eric
Beragam program sosial digelar HDCI yang membuktikan komunitas ini tidak eksklusif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Citra negatif bagi pengendara motor ber cc besar atau moge kerap dialami para pecinta mode. Karena itu mereka kerap melakukan aksi sosial termasuk berkontribusi bagi masyarakat luas. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memfasilitasi para pengusaha kecil atau UMKM dengan menyediakan tempat berjualan. Upaya itu dilakukan dalam ajang Sumatera Bike Week (SBW) yang siap digelar  pada 30 Juni hingga 3 Juli 2022 di Bukit Tinggi, Sumatera Barat. "Kami akan menyediakan 60 tempat jualan bagi UMKM gratis," kata Husdi Karyono, Sekjen Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), Ahad (5/6/2022).

Baca Juga

Beragam program sosial digelar oleh HDCI untuk menekankan bahwa pengendara Harley Davidson bukan pengendara yang merasa eksklusif. "Kami adalah pengendara inklusif, kami memang hobi riding tapi kami juga ingin memberikan peran positif bagi masyarakat lewat beragam program kepedulian. Hal itu salah satunya ditunjukan lewat pengelenggaraan Sumatera Bike Week atau SBW," kata Husdi.

SBW sendiri merupakan ajang berkumpulnya para pengguna Harley Davidson dari berbagai wilayah di Indonesia.  "Lewat kegiatan ini, kami ingin sekaligus jadi pelopor pariwisata karena sejumlah peserta akan riding dari berbagai wilayah menuju Bukit Tinggi. Dalam perjalananya, para peserta akan mampir ke sejumlah tempat wisata untuk menikmati pemandangan atau menikmati kuliner khas di tempat tersebut," ucapnya.

Dengan begitu, sektor wisata di Suamtera akan terdorong karena adanya peningkatan transaksi sekaligus peningkatan promosi dari peserta SBW yang singgah di tempat tersebut.

Rangkaian kegiatan riding ini sendiri dikemas lewat HDCI Andalas Rally 2022 yang terbagi dalam empat rute utama. Rute itu diantaranya adalah rute menuju Bukit Tinggi dari Lampung, Bengkulu, Lubuklinggau, Palembang, Jambi dan Medan. Para peserta riding juga sudah memiliki kemampuan safety riding yang benar saat berkendara di jalan raya. Hal ini penting guna meningkatkan keamanan di jalan raya. 

Di satu sisi, HDCI juga menyadari bahwa pandemi membuat sejumlah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mengalami kesulitan. Oleh karena itu, SBW yang diperkirakan akan diramaikan oleh 3 ribu motor Harley Davidson ini juga memberikan perhatian khusus bagi UMKM. "Bagi UMKM yang bergerak di bidang kuliner, kami juga menyediakan foodcourt yang juga bisa digunakan secara gratis," ujar dia.

Lewat beragam program itu, maka ia yakin kegiatan yang akan diramaikan oleh 20 ribu pengunjung itu bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat baik saat kegiatan utama di venue maupun saat perjalanan peserta menuju SBW 2022."Kami mengharapkan dukungan dari klub otomotif lain, termasuk klub motor untuk meramaikan event nasional ini agar sukses dan lancar," katanya. 

 

 

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA