Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Pameran Otomotif GIIAS 2022 Siap Digelar, akan Seperti Apakah?

Selasa 24 May 2022 20:40 WIB

Red: Hiru Muhammad

Sejumlah mobil konsep yang dipamerkan dalam ajang GIIAS 2021.

Sejumlah mobil konsep yang dipamerkan dalam ajang GIIAS 2021.

Foto: Republika/Eric
Pameran GIIAS kali ini mengusung tema the future is bright

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series tahun ini akan kembali berlangsung pada semester kedua 2022. Rangkaian GIIAS The Series akan dimulai pada 11 – 21 Agustus 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD-City Tangerang. Kegiatan dilanjutkan dengan penyelenggaraan GIIAS di Surabaya, Medan dan Makassar.

Gaikindo mengusung sebuah tema positif untuk industri otomotif Indonesia. Lewat tema “The Future is Bright” yang diusung pada GIIAS 2022, diharapkan industri otomotif Indonesia memiliki masa depan yang cerah, menyongsong berbagai inovasi teknologi di masa depan.

Baca Juga

Hal itu didasari beberapa faktor. Teratasinya pandemi Covid-19 di Indonesia, telah menciptakan suasana yang semakin kondusif. Kebijakan Pemerintah Republik Indonesia dalam memberikan pelonggaran untuk kegiatan aktivitas masyarakat, telah memicu pergerakan ekonomi dan kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB).

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 diprediksi dapat mencapai 5,17 persen, hal tersebut diharapkan dapat memicu kenaikan permintaan pasar yang akan memberikan dampak positif pada industri otomotif Indonesia serta industri pendukungnya. “Pameran ini akan menjadi momen positif yang harus dimanfaatkan dengan baik, catatan pencapaian industri otomotif Indonesia yang terus membaik harus terus didorong," kata ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

GIIAS adalah pameran yang mengedepankan teknologi terkini dari seluruh lini otomotif. Sejak penyelenggaraan perdananya pada tahun 2015, GIIAS telah menampilkan inovasi dari industri otomotif Indonesia, mulai dari merek kendaraan penumpang, kendaraan komersial, karoseri, merek sepeda motor, dan juga industri pendukung otomotif lainnya.

Menurut Rizwan Alamsjah, Ketua III, sekaligus Ketua Penyelenggara pameran menyatakan tahun ini GIIAS akan menghadirkan lebih banyak inovasi teknologi. “Tahun ini GIIAS akan lebih banyak inovasi otomotif. Dengan berpartisipasinya beberapa merek kendaraan roda empat baru dan yang akan kembali masuk di pasar Indonesia, tentu akan semakin banyak teknologi dan produk otomotif yang diperkenalkan pada saat berlangsungnya GIIAS 2022,” ujarnya, Selasa (24/5/2022).

Sejumlah merek kendaraan roda empat, seperti Audi, BMW, Chery, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta dari kendaraan komersial, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Truck. GIIAS 2022 juga akan diikuti merek-merek sepeda motor, serta ratusan merek dari industri pendukung. Mereka telah menyampaikan komitmen untuk mendukung penyelenggaraan GIIAS the Series 2022.

“Tingkat antusiasme peserta yang sangat tinggi dapat dilihat dari besaran area pamer yang digunakan, bahkan ada peserta  yang membutuhkan ruang pamer 4.000 meter persegi, lebih tinggi dari angka permintaan pada GIIAS di tahun sebelumnya,” jelas Rizwan. 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA