Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Pemkot Madiun Buka Peluang Kerja Sama Komoditas Porang dengan Rumania

Ahad 05 Jun 2022 23:58 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Petani merawat tanaman porang  (ilustrasi)

Petani merawat tanaman porang (ilustrasi)

Foto: Antara/Adeng Bustami
Saat ini produksi porang melimpah, tapi yang menyerap kurang.

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, membuka peluang kerja sama komoditas porang dengan Rumania setelah Dubes Republik Indonesia untuk negara itu Irjen Pol (Purn) Muhammad Amhar Azeth melakukan kunjungan kerja ke daerahnya. Wali Kota Madiun Maidi mengatakan Pemkot Madiun telah mempromosikan sajian pecel porang dalam kunjungan kerja Dubes Rumania Amhar Azeth yang datang dengan didampingi Konsul Kehormatan (Konhor) RI di Constanta Rumania Emil Sirbu dan keduanya terkesan dengan kuliner tersebut.

"Ketertarikan Konhor RI di Constanta Rumania akan komoditas porang ini memberikan harapan bagi petani porang, khususnya, di Madiun. Saat ini produksi porang melimpah, tapi yang menyerap kurang, sehingga harganya turun. Dengan penjajakan kerja sama ini, maka harapannya akan menolong kita," ujarnya saat menerima kunjungan kerja Amhar dan Emil di Balai Kota Madiun, Jawa Timur, Ahad (5/6/2022).

Baca Juga

Dalam kunjungan tersebut, setelah menikmati sajian pecel porang di balai kota, Maidi mengajak para tamu kehormatan mengunjungi kebun porang percontohan di Taman Wisata dan Edukasi Ngrowo Bening. Saat meninjau lahan percontohan porang di Kota Madiun itu, Emil menyatakan tertarik menjalin kerja sama lebih lanjut.

"Saya tunggu Pak Wali Kota Maidi membuat proposal. Nanti, bulan Agustus akhir atau paling lambat September akhir tim ahli kami akan datang," tuturnya sebagaimana disampaikan penerjemah Martin Soeprijadi Diauw.

Menurut Emil, pihaknya tertarik menjajaki kerja sama porang dikarenakan visi Maidi terhadap produk komoditas itu cukup menjanjikan. Karenanya, dia bersedia membiayai seluruh keperluan bisnis tersebut, baik di Indonesia maupun Rumania.  Untuk itu, dia berharap Wali Kota Maidi segera membuat proposal dan melakukan presentasi di Rumania.

Amhar juga berharap wali Kota bisa datang ke Rumania pada Juli nanti. "Biar cepat. Diharapkan Juli nanti bisa presentasi ke Rumania," katanya.

Dalam kunjungan itu, Amhar juga didampingi Sekretaris Pertama KBRI Bucharest Vidya Pertiwi, Sekretaris Ketiga KBRI Bucharest Herwina Diah Fitriani, dan Ketua Gaperindo JatimArum Sabil. Sebelumnya, rombongan bertemu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Gresik.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA