Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Kemenag: 3.169 Calhaj Sudah Diberangkatkan

Ahad 05 Jun 2022 22:07 WIB

Red: Agung Sasongko

Jamaah haji memasuki sebuah bandara embarkasi haji. (ilustrasi)

Jamaah haji memasuki sebuah bandara embarkasi haji. (ilustrasi)

Foto: Angkasa Pura
Sebanyak 3.169 calon haji dari lima embarkasi akan diberangkatkan 5 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Kementerian Agama Republik Indonesia menginformasikan bahwa sebanyak 3.169 calon haji dari lima embarkasi akan diberangkatkan 5 Juni 2022.

"Kemarin telah diberangkatkan 2.776 orang, sementara hari ini diberangkatkan 3.169 orang dari total delapan kelompok terbang dari lima embarkasi," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Ahmad Abdullah, dalam konferensi pers virtual yang diikuti dari Jakarta, Ahad (5/6/2022).

Baca Juga

Kelima embarkasi tersebut, kata dia, adalah Padang, Bekasi, Solo, Surabaya dan Embarkasi Jakarta-Pondok Gede.Dengan demikian, kata dia, maka jumlah total jamaah calon haji yang telah diberangkatkan sejak kemarin hingga hari ini sebanyak 5.945 orang.

"Seperti kemarin, jamaah calon haji yang diberangkatkan hari ini juga akan mendarat di Madinah," katanya.

Ahmad Abdullah menambahkan kondisi cuaca di Madinah pada hari ini berkisar antara 30-43 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan rata-rata sekitar delapan persen."Pemerintah kembali mengingatkan seluruh jamaah calon haji untuk mewaspadai kondisi cuaca, sehingga membatasi aktivitas di luar ruangan," katanya.

Selain itu, kata dia, jamaah calon haji diimbau untuk menjaga kondisi kesehatan, menjaga pola makan serta istirahat yang cukup.Selain menjaga kondisi kesehatan, pihaknya juga mengingatkan jamaah calon haji untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Masing-masing calon haji diimbau untuk menjaga kondisi kesehatan, makan dan minum tepat waktu, juga istirahat yang cukup. Kami juga meminta keluarga untuk mengingatkan mengenai informasi dan imbauan tersebut kepada calon haji, baik yang sudah berangkat maupun yang belum," katanya.

Sementara itu, Ahmad Abdullah juga kembali menginformasikan mengenai satu orang calon haji yang wafat setibanya di Tanah Suci yaitu Suhati Rahmat Ali, jamaah yang tergabung dalam Kelompok Terbang 1 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA