Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Bale Berambisi Akhiri Penantian Panjang Wales Tampil di Putaran Final Piala Dunia

Ahad 05 Jun 2022 21:35 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Gareth Bale dari Wales merayakan setelah pertandingan sepak bola playoff Piala Dunia 2022 antara Wales dan Austria di stadion Cardiff City, di Cardiff, Inggris, Kamis, 24 Maret 2022. Wales menang 2-1.

Gareth Bale dari Wales merayakan setelah pertandingan sepak bola playoff Piala Dunia 2022 antara Wales dan Austria di stadion Cardiff City, di Cardiff, Inggris, Kamis, 24 Maret 2022. Wales menang 2-1.

Foto: AP/Matt Dunham
Jika mampu mengatasi Ukraina, maka Wales akan kembali tampil di Piala Dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, CARDIFF -- Bintang Timnas Wales, Gareth Bale, lawatan Ukraina ke Stadion Cardiff City, Cardiff, Ahad (5/6/2022) malam WIB, bakal menjadi salah satu laga terpenting dalam sejarah The Dragons, julukan Timnas Wales. Dengan kemenangan di laga tersebut, Wales akan mengakhiri penantian panjang merumput di putaran final Piala Dunia. 

Tidak pernah sekalipun sejak mengakhiri Piala Dunia 1958 di babak perempat final, Wales kembali merumput di putaran final Piala Dunia. Di edisi terakhir, tepatnya di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, The Dragons harus puas tersingkir pada putaran pertama usai finish di peringkat ketiga klasemen akhir Grup D. 

Baca Juga

Kini, kesempatan terbesar Wales untuk tampil di putaran final Piala Dunia akhirnya datang pada kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Sukses menyingkirkan Austria di babak semifinal, Wales melaju ke partai final babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. 

Di laga penentuan peraih tiket teraih ke putaran final Piala Dunia 2022 itu, Wales sudah ditunggu Ukraina, yang menyingkirkan Skotlandia, 2-1, akhir pekan lalu. Kesempatan membawa Wales tampil di Qatar 2022 ini yang tidak ingin dilewatkan Bale. 

''Laga itu akan menjadi laga terbesar, tidak perlu diragukan lagi. Kami hanya pernah tampil satu kali di putaran final Piala Dunia. Ini adalah pijakan utama kami untuk bisa tampil di level tertinggi. Kami begitu menginginkan kemenangan ini,'' kata Bale seperti dikutip BBC Sport International, Ahad.

Eks winger Real Madrid itu pun mengakui mesti sedikit melepaskan simpati terhadap kondisi yang tengah dialami Ukraina. Negara pecahan Uni Sovyet itu memang tengah diterpa konflik militer menyusul invasi Rusia pada Februari silam. Meski mengaku bersimpati atas kondisi yang menimpa Ukraina, Bale menegaskan, Wales akan berusaha mengalahkan Ukraina di laga tersebut. 

''Kami memahami kondisi sulit yang tengah terjadi di Ukraina. Hati dan dukungan kami tetap tertuju pada anak-anak, keluarga, serta warga Ukraina. Namun, besok adalah pertandingan sepak bola, dan kami ingin meraih kemenangan,'' ujar eks winger Tottenham Hotspur tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA