Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Pola Operasi KRL Diperbaiki Hadapi Hari Kerja Besok

Ahad 29 May 2022 14:26 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Fakhruddin

Pola Operasi KRL Diperbaiki Hadapi Hari Kerja Besok (ilustrasi).

Pola Operasi KRL Diperbaiki Hadapi Hari Kerja Besok (ilustrasi).

Foto: Republika/Thoudy Badai
KAI Commuter tetap mengoperasikan 1.054 perjalanan per hari dengan 94 rangkaian KRL.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — KAI Commuter melakukan perbaikan pola operasi kereta rel listrik (KRL) untuk menghadapi hari kerja besok (30/5/2022). Sejak kemarin (28/5/2022) pola operasional KRL berubah karena adanya penerapan switch over (SO) kelima di Stasiun Manggarai dan besok menjadi pertama diberlakukan perubahan operasional pada hari kerja. 

“Di hari Ahad (29/5) ini, berdasarkan hasil evaluasi KAI Commuter melakukan perbaikan pola operasi dan stabling KRL agar terus dapat memperbaiki pola operasi pasca SO5 sehingga di hari kerja yang dimulai besok dapat berjalan lebih baik,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (29/5/2022). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, KAI Commuter tetap mengoperasikan 1.054 perjalanan per hari dengan 94 rangkaian KRL. Selain itu juga disiapkan tiga perjalanan KRL feeder relasi Manggarai-Angke/Kampung Bandan untuk mengantisipasi kepadatan pada jam sibuk. 

Anne memastikan terus melakukan sosialisasi mengenai peta baru perjalanan KRL untuk memudahkan pengguna dalam melakukan perjalanan menggunakan KRL. “KAI Commuter juga berharap para pengguna mengikuti arahan petugas terutama saat transit agar perpindahan peron lebih lancar,” jelas Anne. 

Mulai 28 Mei 2022, perjalanan KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo-Jakarta Kota pergi pulang (PP) via Stasiun Manggarai. Sementara itu pola operasi loop line dilayani KRL lintas Cikarang/Bekasi dengan 2 skema yaitu full racket Cikarang/Bekasi pp via Manggarai atau Pasar Senen dan Half Racket Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan/Angke pp via Manggarai. Sedangkan untuk KRL lintas Rangkasbitung dan lintas Tangerang, perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta, dan KA jarak jauh tidak terjadi perubahan. 

Perjalanan KA lintas Bogor/Depok/Nambo akan dilayani di lantai 2 Stasiun Manggarai peron 10-13. Sementara lintas loop line yaitu Cikarang/Bekasi dilayani di lantai dasar peron 6 dan 7 dan perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta dilayani di lantai dasar peron 8 dan 9.

“Pengguna KRL dari Bekasi/Cikarang ke arah Jakarta Kota yang sebelumnya menggunakan satu perjalanan, sekarang harus melakukan transit di stasiun Manggarai. Begitu pula pengguna KRL Bogor/Depok/Nambo ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri juga harus melakukan transit di stasiun Manggarai,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Dengan adanya perubahan tersebut, Didiek mengatakan transit pengguna KRL di Stasiun Manggarai akan lebih aman karena sudah tidak perlu lagi menyeberang antar rel. Transit hanya perlu dilakukan naik dan turun lantai menggunakan tangga, eskalator, dan lift yang telah disediakan. 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA