Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Erick Thohir Minta Generasi Muda Indonesia Bisa Mengisi Perubahan Digital

Ahad 29 May 2022 14:14 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda

Menteri BUMN Erick Thohir kembali mengingatkan generasi muda Indonesia harus mengikuti perubahan di dunia digital.

Menteri BUMN Erick Thohir kembali mengingatkan generasi muda Indonesia harus mengikuti perubahan di dunia digital.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Erick meminta generasi muda Indonesia harus mempersiapkan diri di era digital

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir kembali mengingatkan generasi muda Indonesia harus mengikuti perubahan di dunia digital. Bahkan, generasi muda Indonesia harus mengisinya agar tidak diambil pihak lain.

“Indonesia sedang menghadapi disrupsi digital. Generasi muda Indonesia harus mempersiapkan diri di era digital. Generasi muda Indonesia harus bisa mengisi perubahan digital, kalau tidak, diisi orang lain,” ujar Erick Thohir dalam video pendek yang ia posting di akun Instagramnya, @erickthohir, Jumat (27/5/2022).

Baca Juga

Video pendek itu berisi rekaman kunjungan Erick Thohir di SMK Negeri 1 Siatas Barita, Tapanuli Utara, beberapa waktu lalu. Dalam tayangan video pendek itu, Erick Thohir terlihat menyerahkan bantuan komputer dan perangkat LAN untuk laboratorium SMK Negeri 1 Siatas Barita. Bantuan itu dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

“Semangat terus kakak-kakak belajarnya. Semoga PC dan perangkat LAN bisa membantu aktivitas belajar mengajar di SMKN 1 Siatas Barita,” tulis Erick dalam narasi video itu.

Sejak diposting hingga Sabtu pagi, sudah 4.101 warganet yang memberikan tanda suka pada postingan tersebut.

Seorang siswa mewakili rekan-rekannya mengucapkan terima kasih kepada Erick Thohir. “Terima kasih atas kunjungan Bapak, dan terima kasih atas bantuannya. Ke depan, kami ingin menjadi Bapak, meraih kehidupan dan Pendidikan yang lebih tinggi,” ujar siswa itu.

Video pendek itu diawali sambutan meriah dari siswi-siswi SMKN 1 Siatas Barita yang mengenakan seragam Pramuka. Mereka bernyanyi sambil bertepuk tangan. “Terpesona, memandang-mandang wajahmu yang tampan,” begitu isi syairnya.

Erick Thohir tersenyum lebar sambil ikut tepuk tangan. “Terpesona, Saya pun terpesona,” tulis Erick di akun Instagramnya. Dalam kegiatannya, Erick Thohir juga menyempatkan diri melihat tari tor-tor yang ditampilkan para siswi SMKN 1 Siatas Barita. Menteri BUMN juga menandatangani bola basket dan bola voli yang disodorkan para siswa.

Dalam kunjungan itu, Erick Thohir juga memberikan bantuan untuk SMA Swasta HKBP 2 Tarutung. Erick Thohir memberikan bantuan sarana dan fasilitas komputer dalam upaya mewujudkan digitalisasi Pendidikan.

Bantuan yang didanai CSR PT Telkom Indonesia Tbk tersebut diserahkan secara simbolis kepada kepala sekolah masing-masing di Ruang Laboratorium SMA Swasta HKBP 1 Tarutung.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan kepada SMAS HKBP 1 meliputi 12 PC, Pijar Sekolah dan 5 unit laptop untuk guru. Sedangkan untuk SMKN 1 Siatas Barita Tarutung meliputi komputer 10 PC, 1 L2 switch 48 port, dan 4 ap router.

Menurut Erick, generasi muda Indonesia yang hari ini lebih dari 50 persen dari total penduduk Indonesia menggunakan digital teknologi. "Mulai saat ini, siswa harus mempersiapkan diri dalam menguasai teknologi digital agar tidak diambil oleh orang lain. Kalian harus menjadi bagian dari perubahan itu," ujar Erick Thohir.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA