Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Aktor-Aktor Film Action Terbaik Sepanjang Masa

Rabu 25 May 2022 20:06 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Aktor film action terbaik sepanjang masa. (ilustrasi)

Aktor film action terbaik sepanjang masa. (ilustrasi)

Banyak aktor dengan akting berkualitas, baik itu dari era klasik maupun modern.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hanya sedikit hal yang membuat darah penggemar film action atau laga/aksi terpompa. Salah satunya tawaran film yang dibintangi aktor atau aktris favorit mereka.

Begitu banyak aktor dengan akting berkualitas, baik itu dari era klasik maupun modern. Namun, lembaga survei Ranker telah memilahnya. Berikut 10 aktor film action terbaik menurut Ranker seperti dilansir di laman Screen Rant, Rabu (25/5/2022):

Baca Juga

1. Chuck Norris

photo
Aktor laga Chuck Norris. - (EPA)
 

Chuck Norris adalah ikon Amerika yang paling dibanggakan, setelah bertugas di Angkatan Udara AS dan menguasai tidak kurang dari tiga seni bela diri, akhirnya membentuk sekolah pertempurannya, Chun Kuk Do. Dia pertama kali muncul di adegan film seni bela diri yang dibintanginua bersama Bruce Lee di Way of the Dragon.

Norris menjadi sangat populer karena teknik aktingnya yang sederhana dan lugas ditambah dengan keterampilan bertarungnya yang unggul. Karya-karyanya telah mencapai status kultus di AS, memiliki ceruk unik di antara penawaran hiburan aksi kerah biru.

2. Harrison Ford

photo
Harrison Ford. - (EPA)
 

Untuk penggemar yang tumbuh pada 1970-an dan 1980-an, sangat sedikit aktor yang mendapatkan penghargaan bintang aksi seperti yang diraih Harrison Ford. Hanya dalam satu dekade, Ford memberi dunia dua pahlawan film paling ikoniknya dalam peran Han Solo di trilogi Star Wars dan Indiana Jones dalam trilogi Indiana Jones. Penggambaran Ford tentang antipahlawan yang malang menjadi legenda.

3. Jason Statham

photo
Aktor berkebangsaan Inggris, Jason Statham. - (EPA)
 

Jason Statham meluncurkan karier film aksinya sebagai penjahat Guy Ritchie dalam Lock Stock and Two Smoking Barrels dan Snatch. Kemudian ia membantu menghidupkan kembali genre aksi yang tidak aktif pada awal 2000-an dan 2010-an, dengan serangkaian film aksi modern yang sukses seperti seri The Transporter, seri The Mechanic, The Italian Job, reboot Death Race, dan Crank.

Dia meraih "emas" melalui seri Expendables karya Stallone dan mungkin paling dikenal karena perannya yang berulang sebagai Deckard Shaw dalam seri The Fast and the Furious. Statham sekarang menjadi pokok film aksi abad ke-21. Ketampanannya yang kokoh serta kemampuan seni bela diri yang luar biasa, mendorongnya ke tingkat bintang aksi tertinggi.

4. Clint Eastwood

photo
Clint Eastwood - (EPA)
 

Clint Eastwood kurang lebih adalah "bapak film aksi". Masih kuat pada usia 90 tahun dengan penawaran film terbarunya Cry Macho, Eastwood membuktikan dirinya sebagai "water mark" dari seluruh genre. Dia membawa pulang tiga Oscar untuk Sutradara Terbaik, Film Terbaik, dan Aktor Terbaik melalui film Unforgiven. Eastwood membumikan dirinya sebagai aktor ikonik yang menampilkan kejantanan Amerika di puncaknya yang mendebarkan.

5. Keanu Reeves

photo
Keanu Reeves - (EPA)
 

Keanu Reeves menjadi bintang yang bersinar terang di awal kariernya dengan penampilan yang menonjol dalam genre tertentu seperti My Own Private Idaho, Bill and Ted's Excellent Adventure, dan Dangerous Liaisons. Namun kebangkitannya dalam genre aksi, melambungkannya ke pengakuan internasional.

Pemilih peringkat kemungkinan melihat Reeves sama seperti fandom film lainnya yaitu aktor karismatik namun rendah hati dengan asumsi penyelamat dan pembunuh dengan mudah seperti peran komedi romantisnya. Kesukaannya yang santai dan kecenderungannya yang terkenal untuk memperlakukan penggemar dan anggota kru dengan hormat, semakin memperkuat peringkat tingginya di antara bintang aksi terbesar.

6. Bruce Willis

photo
Bruce Willis. - (EPA)
 

Tidak ada daftar peringkat film aksi yang akan lengkap tanpa Bruce Willis di 10 besar. Willis memulai karier aktingnya sebagai David Addison dalam serial televisi “Moonlighting”, tetapi film Die Hard pada 1988 mendorongnya menjadi legenda bintang aksi.

Sebagai detektif polisi, John McClane yang terus-menerus babak belur, berhasil melawan tren binaragawan Stallone-Schwarzenegger dan memperkuat dirinya sebagai pemain hebat sepanjang masa dalam lima film Die Hard yang berbeda serta beberapa film aksi klasik.

7. Bruce Lee

photo
Bruce Lee dan jumper kuningnya - (Glofocus)
 
 
 
Bruce Lee mungkin adalah bintang film seni bela diri paling terkenal sepanjang masa. Aktor Amerika Hong-Kong ini pertama kali bermain dalam peran Kato dalam serial televisi “The Green Hornet”. Lee kemudian membintangi lima film seni bela diri paling terkenal pada 70-an, termasuk The Big Boss, Fists of Fury, Way of the Dragon, Enter the Dragon, dan Game of Death.
8. Jackie Chan

photo
Jackie Chan - (AP)
 

Jackie Chan telah muncul di lebih dari 150 film dan sering dianggap sebagai bintang aksi paling terkenal di planet ini, dengan popularitasnya yang luar biasa baik di belahan Barat maupun Timur. Film-filmnya yang paling terkenal termasuk seri Rush Hour dengan Chris Tucker, Supercop, Police Story, Rumble in the Bronx, dan Shanghai Noon, dan dia juga mengisi suara Monkey dalam seri Kung Fu Panda yang populer.

Chan dikenal lewat keterampilan seni bela diri yang cukup besar, yang menampilkan gaya bertarung yang lebih akrobatik dan lebih banyak lagi dalam kehadiran panggungnya yang menyenangkan. Ia dikenal karena waktu komedinya yang alami serta gerakan khasnya menggunakan persenjataan yang ditingkatkan dan aksi-aksi yang unik, Chan membuat tanda yang tak terhapuskan dalam sejarah genre aksi.

9. Sylvester Stallone

photo
Aktor Sylvester Stallone. - (dok. Mola TV)
 

Katalog sinematik Stallone mungkin yang paling banyak dikutip. Sly telah menggetarkan penonton sejak The Lords of Flatbush tahun 1974 dan kemudian membintangi film aksi terkenal seperti Nighthawks, Cliffhanger, Cobra, dan Get Carter. Dia paling terkenal karena perannya sebagai Rocky Balboa dan John Rambo dalam seri Rocky dan Rambo, dan kemudian dalam karirnya sebagai Barney Ross dalam seri Expendables.

Persona layar Hardcase Stallone sering ditiru dan diparodikan, sering kali mengimbangi kerentanannya yang pendiam sebagai tipe pria biasa yang berjuang untuk tetap bertahan dalam situasi yang sangat merugikan. Penampilannya di Rocky dan First Blood telah menjadi ritus peralihan Amerika.

10. Arnold Schwarzenegger

photo
Arnold Schwarzenegger. - (AP Photo)
 

Arnold Schwarzenegger adalah aktor film aksi nomor satu. Schwarzenegger telah membawakan beberapa film aksi paling terkenal sepanjang masa, dimulai dengan penampilan legendarisnya di Conan the Barbarian dan beralih ke legenda sinematik dengan mengambil peran penjahat dalam The Terminator karya James Cameron, meluncurkan film yang memenangkan dunia dengan kiasan perjalanan waktu fiksi ilmiah Terminator 2: Judgement Day yang menghantui.

Meskipun awalnya lambat dengan bahasanya yang terpotong dan keterampilan aktingnya yang kurang berkembang, Schwarzenegger akhirnya menemukan karakternya sendiri dan memancarkan kehadiran layar yang memikat namun tegas. Tidak ada aktor lain yang berakting seperti gubernur.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA