Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

PSSI: Turnamen Pramusim Digelar Mulai Pertengahan Juni 2022

Rabu 25 May 2022 04:53 WIB

Red: Israr Itah

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Turnamen pramusim dilangsungkan di empat stadion di Pulau Jawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI menyatakan bahwa turnamen pramusim yang menjadi persiapan menuju Liga 1 Indonesia 2022-2023 akan digelar mulai pertengahan Juni 2022. Dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Selasa (24/5/2022), keputusan tersebut diambil dalam rapat PSSI dengan operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada Selasa.

"Sudah ada beberapa hal yang disepakati dan ada pula yang belum. Kami akan terus mematangkan hal ini," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Baca Juga

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyebut salah satu hal yang disetujui dalam pertemuan tersebut adalah bahwa turnamen pramusim digelar pada pertengahan Juni hingga pertengahan Juli 2022 dengan dihadiri penonton. Selain itu, dibicarakan pula kemungkinan bahwa turnamen itu dilangsungkan di empat stadion di Pulau Jawa, sama seperti turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Ketika itu, Piala Menpora 2021 digelar di Solo, Bandung, Malang dan Sleman, tanpa adanya penonton di arena laga.

Akan tetapi, untuk turnamen pramusim terkini, PSSI dan LIB belum memastikan wilayah mana saja yang akan menjadi penyelenggara. PSSI dan LIB masih berkoordinasi dengan pemerintah terkait tempat dan berapa jumlah penonton yang dipersilakan menyaksikan laga langsung di stadion.

"Kami berkoordinasi dengan pemerintah. Dalam hal ini Kemenpora, Kemenkes, BNPB, Satgas COVID-19 dan Polri soal berapa persen penonton yang boleh masuk stadion. Kami akan mengikuti apa yang diputuskan oleh pemerintah," tutur Iriawan.

PSSI menginginkan turnamen pramusim 2022, yang belum bernama, diikuti oleh semua klub Liga 1 Indonesia 2021-2022. PSSI dan LIB sudah menyampaikan mekanisme dan regulasi kompetisi itu kepada para klub. Namun, semua masih dalam tahap awal.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA