Selasa 24 May 2022 20:17 WIB

Perubahan Street View Kini Bisa Dilihat di Google Maps Versi Seluler

Sejak 2014, Street View bisa digunakan untuk melihat perubahan tempat melalui dekstop

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Google Panorama Street View. Ilustrasi.
Foto: Google
Google Panorama Street View. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google mengumumkan beberapa peningkatan yang hadir di Street View Google Maps. Peningkatan ini  untuk merayakan ulang tahun layanan ke-15.

Pertama adalah fitur baru yang hadir di aplikasi iOS dan Android yang akan menampilkan citra Street View historis di ponsel Anda. Kedua adalah kamera baru yang lebih portabel yang diharapkan Google akan mempermudah pengambilan citra Street View di masa mendatang.

Baca Juga

Dilansir dari The Verge, Selasa (24/5/2022), sejak 2014, Street View dapat digunakan untuk melihat bagaimana suatu tempat telah berubah selama bertahun-tahun melalui Google Maps versi desktop. Tapi sekarang, aplikasi iOS dan Android layanan akan memiliki kemampuan yang sama.

Anda mengaksesnya dengan mengetuk di mana saja di layar saat dalam mode Street View, lalu pilih “see more dates” (“lihat tanggal lainnya”) untuk mengakses citra historis lokasi. Google mengiklankan bahwa fitur tersebut akan menampilkan citra sepanjang jalan kembali ke peluncuran Street View pada 2007 di lokasi yang tersedia.

Pengumuman kedua yang dibuat Google bertepatan dengan ulang tahun Street View adalah kamera baru yang lebih portabel untuk menangkap citra 360 derajat. Saat ini, Google menggunakan mobil khusus dan ransel besar yang dilengkapi kamera (disebut Trekkers) untuk memotret dunia.

Kamera baru yang digunakan Google lebih kecil. Beratnya sedikit di bawah sekitar 6,8 kg. Kamera dirancang untuk memudahkan Google menangkap citra Street View di seluruh dunia. Google dapat dengan mudah memasang kembali kamera barunya ke kendaraan yang sudah ada. Sensornya lebih berkualitas, sinyalnya lebih rendah terhadap noise.

Citra Street View digunakan untuk menambahkan bisnis yang baru dibuka ke Google Maps, meningkatkan informasi tentang jam buka bisnis, dan memberikan informasi batas kecepatan di jalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement