Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Dishub DKI: Warga Antusias Sambut Kembalinya Car Free Day

Ahad 22 May 2022 13:28 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Suasana CFD di Sudirman-Thamrin Ahad (22/5/2022) setelah sebelumnya sempat dihentikan dua tahun karena pandemi Covid-19.

Suasana CFD di Sudirman-Thamrin Ahad (22/5/2022) setelah sebelumnya sempat dihentikan dua tahun karena pandemi Covid-19.

Foto: Zainur Mahsir Ramadhan/Republika
Ada enam lokasi Car Free Day di Jakarta pada Ahad (22/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Agus Suherman menyebutkan antusiasme warga tinggi saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jakarta kembali dibuka setelah dua tahun sempat ditunda karena pandemi Covid-19. Agus menuturkan, Hari Bebas Kendaraan Bermotor menjadi pengalaman baru kembali usai Presiden Joko Widodo melonggarkan kebijakan terkait aturan pemakaian masker dengan memperbolehkan warga melepas masker di ruang terbuka.

"Kan dikatakan Jokowi tidak berkerumun. Boleh lepas masker di ruang terbuka, tapi tidak berkerumun," kata Agus saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Ahad (22/5/2022).

Baca Juga

Terkait pengalihan arus kendaraan, Agus menyebutkan tidak ada kemacetan lalu lintas. Petugas telah menyiapkan enam lokasi Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jakarta.

"Justru masyarakat egonya ke Thamrin-Sudirman semua," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya memberlakukan kembali Car Free Day pada sejumlah ruas jalan pada Ahad ini pukul 06.00-10.00 WIB. Ia menjelaskan, HBKB terbatas boleh dilakukan hanya untuk kegiatan olahraga.

Syafrin memastikan CFD tidak ada kegiatan partisipan lain dan pedagang kaki lima yang berpotensi memunculkan kerumunan massa. Pemprov DKI Jakarta menyiapkan enam lokasi CFD, yakni Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Tomang Raya, Jalan Danau Sunter Selatan, Jalan Suryopranoto, dan Jalan Pemuda.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA