Friday, 9 Zulhijjah 1443 / 08 July 2022

Albania Umumkan Hari Libur untuk Partai Final UEFA Conference League

Kamis 19 May 2022 00:10 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar

Liga Konferensi Eropa (UEFA Europa Conference League)

Liga Konferensi Eropa (UEFA Europa Conference League)

Foto: Wikipedia
laga final UEFA Conference League akan digelar di Stadion Arena Kombetare, Albania

REPUBLIKA.CO.ID, TIRANA -- Pemerintah Albania mengumumkan hari libur pada Rabu (25/5/2022) waktu setempat atau bertepatan dengan laga final UEFA Conference League.

Albania akan menjadi negara tuan rumah penyelenggara partai final perdana turnamen teranyar bentukan UEFA tersebut.

Rencananya, laga final UEFA Conference League akan digelar di Stadion Arena Kombetare, yang terletak di jantung Ibukota Albania, Tirana. Klub asal Belanda, Feyenoord, akan berduel dengan wakil Italia, AS Roma, untuk meraih gelar juara edisi perdana kasta ketiga kompetisi antar klub Eropa tersebut.

''Tanggal 25 diumumkan sebagai hari libur untuk semua institusi publik, terutama yang masuk dalam distrik Tirana. Langkah ini diambil untuk gelaran partai final UEFA Conference League.”

Baca juga : Percaya Proses adalah Dusta Sepak Bola Modern

“Kami berusaha dengan cara yang paling baik salah satu event besar yang pernah terjadi di negara ini,'' tutur Menteri Dalam Negeri Albania, Bledi Cuci, seperti dilansir Associated Press, Rabu (18/5/2022).

Nantinya, sebagian besar kawasan di Tirana akan diubang menjadi zona khusus pejalan kaki. Ini menjadi salah satu cara yang diambil Pemerintah Albania untuk mengantisipasi kedatangan pendukung Feyenoord di supporter AS Roma di laga tersebut.

Setidaknya lebih dari 100 ribu pendukung Feyenoord dan AS Roma akan hadir di Tirana untuk mendukung tim kesayangannya tampil di partai final tersebut. Kendati begitu, pihak penyelenggara hanya mengalokasikan 4 ribu tiket untuk masing-masing suporter dari kedua klub di laga tersebut.

Kapasitas Stadion Arena Kombetare diketahui hanya bisa menampung 20 ribu penonton. ''Kami mengambil langkah-langkah yang tepat agar pada hari tersebut, nuansa festival sepak bola bisa dirasakan oleh semua orang, tidak hanya pendukung dari Italia ataupun dari Belanda,'' ujar Cuci.

Pada Desember 2020, UEFA resmi menunjuk Stadion Arena Kombare di Tirana sebagai tuan rumah partai final UEFA Conference League. Stadion Arena Kombare akan dikenang sebagai venue partai final pertama turnamen yang bertujuan untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada klub untuk bisa berpartisipasi di kompetisi Eropa tersebut.

Baca juga : Mengapa Kita tidak Bisa Melihat Lubang Hitam?

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA